Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Uno Stacko Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Authors

  • Dewi Lianasari FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Purwati Purwati FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.680

Keywords:

bimbingan kelompok, media permainan uno stacko, konsentrasi belajar

Abstract

Konsentrasi belajar sangat berpengaruh pada proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan untuk menguji efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan media permainan uno stacko untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian siswa kelas X ATPH dan 8 siswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive. Hasil penelitian diperoleh bahwa di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang sudah melakukan bimbingan kelompok sesuai dengan tahapan dan prosedur namun belum menggunakan berbagai teknik dalam pelaksanaannya, hasil uji statistik dengan perhitungan paired sample t test menunjukkan menunjukkan t-hitung = - 2,982 ≤ t-tabel= - 0,711, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain bimbingan kelompok dengan media permainan uno stacko efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

References

Grewal, D. S. (2014). Improving Concentration and Mindfulness in Learning through Meditation. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 19(2), 33–39. http://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol19-issue2/Version-5/F019253339.pdf

Lianasari, D. ; P. ; M. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(2), 27–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v4i2.4732

Mindari, T. ; S. (2015). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 4(2), 65–71. https://doi.org/10.1377/hlthaff.28.1.226

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (n.d.). Kemendikbud RI Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2015 - 2019. 51(2), 1–205. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Prayitno ; Erman, A. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta.

Rifa, I. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Flashbook.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sulaiman, W. I. W., & Maizatul Haizan Mahbob & Arina Anis Azlan. (2011). Learning Outside The Classroom: Effects on Student Concentration and Interest. Procedia Social and Behavioral Sciences, 18, 12–17.

Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan Konseling. UNNES.

Xiaojie Li, X. Y. (2016). Effect of Learning Styles and Interest on Concentration and Achievement of Student in Mobile Learning. Sage Journal, 54(7), 922–945.

Downloads

Published

2020-08-09

Issue

Section

Articles

Citation Check