Implementasi Layanan Mediasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.702Keywords:
Implementasi, Layanan Mediasi, Disiplin SiswaAbstract
Layanan mediasi menjadi hal yang sangat penting disuatu lembaga pendidikan, hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan madrasah menjadi lebih tertib aman dan damai. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi layanan mediasi dalam meningkatkan disiplin siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, dengan cakupan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana guru bimbingan dan konseling menangani masalah siswa melalui layanan mediasi di MAN 3 Medan?, 2) Bagaimana layanan mediasi dapat mendukung peningkatan disiplin siswa di MAN 3 Medan?, 3) Bagaimana gambaran keberhasilan layanan mediasi dalam meningkatkan disiplin siswa di MAN 3 Medan?
Hasil penelitian mendiksripkan bahwa layanan mediasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan konselor terhadap dua pihak atau lebih yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan, dengan layanan mediasi juga secara tidak langsung sangat mendukung peningkatan disiplin siswa di MAN 3 Medan. Adapun rincian dari hasil penelitian tersebut 1) Pelaksanaan layanan mediasi melalui proses atau tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan laporan. 2)  Layanan mediasi di MAN 3 Medan sangat mendukung peningkatan disiplin peserta didik, adapun peningkatan disiplin tersebut diantaranya: a) Layanan mediasi mendukung peningkatan displin dalam kehadiran, b) Layanan mediasi mendukung peningkatan displin dalam tata tertib dan misi sekolah dan c) Layanan mediasi mendukung peningkatan displin dalam proses belajar. 3) Terdapat gambaran keberhasilan layanan mediasi dalam peningkatan disiplin siswa MAN 3 Medan diantaranya, gambaran keberhasilan dalam proses belajar yang kondusif, gambaran keberhasilan dalam menjalankan misi Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, gambaran keberhasilan di lingkungan MAN 3 Medan menjadi aman dan tertib dan gambaran keberhasilan dalam menjalankan tata tertib di MAN 3 Medan.
References
Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Padang: Raja Grafindo Persada.
Titin Indah Pratiwi, 2013. Modul PLPG Materi Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Tim BK UNESA.
Hallen A, 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.
Lahmuddin Lubis, 2012. Landasan Formal Bimbingan Konseling di Indonesia. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Lexy J Moleong, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya..
Prayitno, 2004. Layanan Mediasi. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
Sugiyono, 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Desmita, 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.