Implementasi Konseling Eksistensial Teknik Logoterapi untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademis Mahasiswa

Authors

  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Rahmatia Rahmatia STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.757

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan konseling eksistensial dengan teknik logoterapi terhadap konsep diri akademis mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) Untuk mengetahui gambaran konsep diri akademis mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi di STKIP Andi Matappa, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan konseling eksitensial terhadap konsep diri akademis mahasiswa STKIP Andi Matappa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian eksperimen Pre-Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling tahun akademik 2019/2020 teknik Purposive Sampling sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (1) Pelaksanaan konseling pendekatan ekistensial dengan logoterapi terhadap konsep diri akademis mahasiswa dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 4 kali perlakuan, (2) Konsep diri akademis mahasiswa sebelum penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi berada pada kategori rendah, namun setelah penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi, konsep diri akademis berada pada sangat tinggi, (3) Pelaksanaan konseling pendekatan ekistensial dengan logoterapi dapat meningkatkan konsep diri akademis mahasiswa. Artinya konseling  ekistensial dengan logoterapi memiliki pengaruh  terhadap peningkatan konsep diri akademis mahasiswa program studi bimbingan dan konseling tahun akademik 2019/2020 STKIP Andi Matappa.

References

Bastaman, H. 2007. Logoterapi : Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Corey, G. 2007. Teori dan Praktek Konseling &Psikoterapi. Alih Bahasa: Endang Koeswara. Bandung: PT Refika Aditama.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlangga, E. 2017. Terapi Kelompok Dengan Teknik Logoterapi Untuk Meningkatkan Penerimaan Anak Broken Home, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 2, No. 1.

Huitt, W. 2009. Self concept and self esteem, educational psychology interactive. Valdosta: Valdosta State University.

Kartono, K. 2002. Psikologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Grafindo Raja Persada.

Khotimah, & dkk. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, hal. 60-67.

La, Sulo. S. L. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsh, H. W & Craven. 2008. The Centrality Of The Self Concept Contruct For Psycological Wellbeing And Unlucking Human Potential: Implication For Child And Educational Psychologicals. Journal Education Psychology. Vol 25 No 5.

Sarlito, W, S. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Samiroh & Muslimin.2015. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa- Siswi Mas Simbangkulon Buaran Pekalongan. Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 2, hal 67-77.

Monks, F. & Haditono, S. 2006. Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai

bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nauli, F. A. 2011. Pengaruh Logoterapi Terhadap Depresi Dan Kemampuan Remaja Dalam Memaknai Hidup Di Kelurahan Katulampa. Tesis. Pascasarjana Universitas Indonesia.

Sarfika. R. 2012. Pengaruh Teknik Logoterapi Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Tingkat Kecemburuan Dalam Pergaulan Siswa Di SMA Negeri 4 Jakarta. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.

Sholikin, & dkk. 2016. Konsep Diri Akademik Peserta Didik Jenjang Menengah Pertama Berdasarkan Jenis Kelamin, jurnal bimbingan dan konseling, Vol. 5 No.1.

Suranata, K. 2013. Pengembangan Model Konseling Logo untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya pada para Siswa di Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, hal. 188-189.

Suyadi. 2012. Logoterapi, Sebuah Upaya Pengembangan Spiritual Dan Makna Hidup Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1 No 2 hal 267-287.

Ukus,V & dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Logoterapi Terhadap Kebermaknaan Hidup Pada Lansia Di Badan Penyantunan Lanjut Usia Senjah Cerah Paniki Bawah Manado. ejournal keperawatan, Vol 3 No 2.

Yusuf, A & Nurhidayatullah. 2019. Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Pangkep. Jurnal Konseling Andi Matappa, Vol 3 No 2 Hal 89-98.

Downloads

Published

2020-08-29

Issue

Section

Articles

Citation Check