Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Teknik Cinematherapy

Authors

  • Nada Nur Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Sri Widayati SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo, Indonesia
  • Mega Putra Asmara SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo, Indonesia
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.942

Keywords:

Teknik Cinematherapy, Kedisiplinan

Abstract

Pada hakikatnya di sekolah-sekolah seringkali masih banyak siswa yang kurang disiplin. Hal ini membuat guru BK harus menangani permasalahan tersebut melalui layanan bimbingan dan konseling melalui teknik cinematherapy. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dalam peningkatan kedisiplinan siswa melalui teknik cimenatherapy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (studi literatur). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, yaitu mencari data terkait variabel berupa catatan, buku, artikel jurnal. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa upaya dalam meningkatkan kedisiplinan dapat dilakukan melalui teknik cinematherapy.

Author Biographies

Nada Nur Jannah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan

Abdul Muhid, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan

References

Allen, R., & Krebs, N. (2007). Dramatic psychological storytelling using the expressive arts and psychotheatrics. Palgrave Macmillan : Martin’s Press.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(233-238).

Ariani, F. (2020). Peningkatan pemahaman siswa tentang nilai-nilai karakter-cerdas dengan menggunakan media film. Jurnal Menara Ilmu, 14(2), 29–34.

Dany, W. P. (2014). Cinematherapy an idea for recreational therapis. www.DannyPettry.com

Gregeson, M. B. (2010). The cinematic mirror for psychology and life coaching. New York : Springer Science Business Media.

Handoyo, E. (2008). Pendidikan anti korupsi. Widya Karya : Semarang.

Hariyadi, S., Wijayanti, P., & Herdiyanto, R. H. A. (2019). Hambatan cinema therapy sebagai layanan konseling di sekolah. Briliant : Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 266–273.

Hidayat, A. A. A. (2008). Pengantar ilmu kesehatan anak. Salemba Medika : Jakarta.

Hurlock, & Elizabeth, B. (2001). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kamtini, & Saragih, B. T. (2017). Pengaruh media audio visual terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di paud Bharlind School Medan Tahun ajaran 2016/2017. Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 1–12.

Khatimah, H., Farial, & Handayani, E. S. (2019). Layanan konseling kelompok dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas VII C SMP Negeri 31 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 110–114.

Khoiriyati, S., & Amalia, E. R. (2019). Efektivitas cinematherapy untuk meningkatkan kepercayaan diri anak korban perceraian orangtua. 36–48.

Latifah, L., & Susanti, R. H. (2016). Upaya meningkatkan empati siswa SMP Muhamadiyah 1 Malang melalui penggunaan teknik cinematherapy. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 88–95. http://ejournal.unikama.ac.id/indeks.php/JKI

Lestari, D. S. A., & Khusumadewi, A. (2020). Pengembangan video cinematherapy bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan. 374–381.

Manurung, P., Suryani, I., & Nabilla, A. P. (2019). Penggunaan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik cinematherapy untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA swasta Dharmawangsa. Al - Irsyad : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(2), 113–123.

Maretha, T., Susanti, R. H., & Sari, E. K. W. (2020). Keefektifan teknik cinematherapy untuk meningkatkan sikap altruistik pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Gondang legi kabupaten Malang. Jurnal Konseling Indonesia, 5(2), 54–61. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Mugiarso, H. (2004). Bimbingan dan konseling. UPT MKDK UNNES.

Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setyowati, E. (2015). Pengaruh penggunaan cinematherapy terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (Studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 5, 1–7.

Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan disiplin siswa dengan layanan informasi media film. 1(1), 73–92.

Normanita, R. W., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan interaksi sosial dengan teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 1–7.

Noviani, P. (2012). Meningkatkan kedisiplinan siswa dengan konseling kelompok pada siswa kelas X Sma Negeri 1 Kalirejo.

Powell, M. L. (2010). Cinematherapy with children and adolescents. http://www.cinematherapyresearch.com/guidlines_kids.html

Rosikha, D. R., & Muhari. (2013). Penerapan konseling kelompok behavior untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di sekolah kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal BK Unesa, 4(1), 78–85.

Sapiana, S. (2014). Pengaruh bimbingan kelompok teknik cinematherapy terhadap motivasi belajar siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontralo. http://eprints.ung.ac.id/2358/2/2013-1-86201-111409055-bab1-25072013074842.pdf

Smithikrai, C. (2016). Effectiveness of teaching with movies to promote positive characteristics and behaviors. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 522–530. https://core.ac.uk/download/pdf/82445342.

Sulistyowati, E., & Setiawati, D. (n.d.). Pemanfaatan cinematherapy dalam bimbingan kelompok untuk pemahaman tentang meningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Menganti.

Sutardi, A. (2018). Efektivitas bimbingan dengan menggunakan teknik cinematherapy untuk meningkatkan motif berprestasi peserta didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 67–85.

Syaodih, N. (2009). Metode penelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Tarmizi. (2013). Meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan teknik permodelan di kelas VII D SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Wijayanti, R. D. (2018). Pengaruh teknik cinematherapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin siswa kelas XI di SMK KARTANEGARA KEDIRI tahun ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia, 02(04), 1–10.

Wolz, B. (2011). Cinematherapy : using the power of imagery in films for the therapeutic process. http://www.shamonjgifts.com/wp-content/upload/2011/11/cinematherapy.pdf

Zed, M. (2003). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zulbahri, Harlina, & Dewi, R. S. (2019). Upaya meningkatkan pemahaman disiplin siswa melalui layanan bimbingan klasikal menggunakan media audi visual pada siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif : Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 20–26.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles

Citation Check