Konseling Individual Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.946Keywords:
CBT, motivation, thesisAbstract
Motivasi yang rendah merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsinya. Dengan rendahnya motivasi yang ada dalam diri mengakibatkan rasa malas dan cenderung menunda-nunda penyelesaian skripsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling individual dengan pendekatan CBT dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tindakan. Subjek merupakan seorang mahasiswi dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah pendekatan CBT dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Hal ini diketahui melalui beberapa treatmen yang telah dilakukan kepada klien, terlihat adanya perubahan dalam diri klien yang pada awalnya memiliki motivasi yang rendah yang kemudian motivasinya tersebut meningkat seiring dengan proses konseling yang dilakukan.
References
Ad, Y., & Megalia, M. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133–146.
Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2012). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(2), 65–71.
Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(2), 164–172. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p164-172
Baidatul Nisa, 150213118. (2020). Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi, UIN AR-RANIRY). UIN AR-RANIRY. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12487/
Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Konselor, 4(4), 200–207. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00
Januarti, R. (2009). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stress Dalam Menulis Skripsi (S1, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta). Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil dari http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F100050098.pdf
Mawarni, P., Sultani, S., & Anisah, L. (2019). Efektivitas Konseling Individual Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas Vii B Di Smp Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 26–31. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2271
Nafisah, M. N. (2019). Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya (Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya). UIN Sunan Ampel Surabaya. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/29867/
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1). Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4846
Suharmawan, W. (t.t.). Konselor Indonesia: Cognitive-Behavior Therapy (CBT). Diambil 14 Januari 2021, dari Konselor Indonesia website: http://konselorindonesia.blogspot.com/2012/04/cognitive-behavior-therapy-cbt.html
Surur, M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.911
Susanti, R. (2016). Efektifitas Konseling Realitas Untuk Peningkatan Regulasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88–93. https://doi.org/10.24014/jp.v11i2.1398
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.