Konseling Individual Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi

Authors

  • Muhammad Fikri Haekal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.946

Keywords:

CBT, motivation, thesis

Abstract

Motivasi yang rendah merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsinya. Dengan rendahnya motivasi yang ada dalam diri mengakibatkan rasa malas dan cenderung menunda-nunda penyelesaian skripsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling individual dengan pendekatan CBT dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tindakan. Subjek merupakan seorang mahasiswi dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah pendekatan CBT dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Hal ini diketahui melalui beberapa treatmen yang telah dilakukan kepada klien, terlihat adanya perubahan dalam diri klien yang pada awalnya memiliki motivasi yang rendah yang kemudian motivasinya tersebut meningkat seiring dengan proses konseling yang dilakukan.

References

Ad, Y., & Megalia, M. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133–146.

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2012). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(2), 65–71.

Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(2), 164–172. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p164-172

Baidatul Nisa, 150213118. (2020). Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi, UIN AR-RANIRY). UIN AR-RANIRY. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12487/

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Konselor, 4(4), 200–207. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00

Januarti, R. (2009). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stress Dalam Menulis Skripsi (S1, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta). Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil dari http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F100050098.pdf

Mawarni, P., Sultani, S., & Anisah, L. (2019). Efektivitas Konseling Individual Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas Vii B Di Smp Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 26–31. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2271

Nafisah, M. N. (2019). Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya (Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya). UIN Sunan Ampel Surabaya. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/29867/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1). Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4846

Suharmawan, W. (t.t.). Konselor Indonesia: Cognitive-Behavior Therapy (CBT). Diambil 14 Januari 2021, dari Konselor Indonesia website: http://konselorindonesia.blogspot.com/2012/04/cognitive-behavior-therapy-cbt.html

Surur, M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.911

Susanti, R. (2016). Efektifitas Konseling Realitas Untuk Peningkatan Regulasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88–93. https://doi.org/10.24014/jp.v11i2.1398

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles

Citation Check