Strategi Kolaborasi Guru Bimbingan Dan Konseling dengan Orang Tua dalam Pengembangan Karakter Siswa SMP

Authors

  • Dwi Putranti Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Agus Supriyanto Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6430-6805
  • Shopyan Jepri Kurniawan shopyan1500001161@webmail.uad.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.949

Keywords:

arakter, Kolaborasi, Konselor, Orangtua

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai referensi khususnya bagi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan layanan dengan orang tua. Keberhasilan suatu pendidikan tidak bia diwujudkan oleh satu pihak. Sebaiknya harus adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya guru dan orang tua. Bahwasanya banyak tindakan amoral yang dilakukan dikalangan remaja seperti free sex, tawuran dan lain sebagainya. Oleh karena itu menjadi tantangan untuk guru bimbingan dan konseling. Tentu penanaman pendidikan karakter tentu harus ada kolaborasi yang dilakukan berbagai pihak antara konselor dan orang tua.Tujuannya adalah terciptanya layanan yang mampu meningkatkan potensi dari individu tersebut. Sehingga sangat dirasa perlu adanya strategi kolaborasi dengan orang tua dalam meningkatkan karakter pada siswa.

Author Biographies

Dwi Putranti, Universitas Ahmad Dahlan

Bimbingan dan konseling

Agus Supriyanto, Universitas Ahmad Dahlan

Guidance and Counselling

Shopyan Jepri Kurniawan, shopyan1500001161@webmail.uad.ac.id

Guidance and Counselling

References

Barr, R., & Parrett, W. (2011). The kids left behind: Catching up the underachieving children of poverty.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1((2)), 93-106.

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 55–61.

Caraka, P. B., Hasan, S. U. N., & Hasan, U. N. (2015). Peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam pengembangan karakter cerdas anak sekolah dasar. Jurnal Konseling Komprehensif, 2(2), 204-212.

Hidayat, D. R., & H. (2013). Bimbingan Konseling: Kesehatan Mental Di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Nasional, B. K. D. K. B. (2014). menjadi O. T. H. J. B. (2014). menjadi Orang Tua Hebat. BKKBN.

Nomor, P. tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. (2014). 111 tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). STRATEGI KOLABORASI ORANGTUA DENGAN KONSELOR DALAM MENGEMBANGKAN SUKSES STUDI SISWA. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 3(1).

Putri, R. D. P., & Kurniawan, S. J. (2018). Implementasi Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. In Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 217–225.

Putri, R. D. P., & Safitri, N. E. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter KECE (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) di Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Bonus Demografi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA “MOTOGPE,†0(0).

Qadafi, M. (2019). KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK MORAL AGAMA ANAK USIA DINI (STUDI DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1.

Savin-Baden, M., & Howell-Major, C. (2013). QUALITITATIVE RESEARCH: THE ESSENTIAL GUIDE TO THEORY AND PRACTICE MAGGI SAVIN-BADEN AND CLAIRE HOWELL-MAJOR.

Schmidt, J. J. (2008). Counseling in schools : comprehensive programs of responsive services for all students (Issue 1).

Seuring, S., & Gold, S. (2012). Conducting content-analysis based literature reviews in supply chain management. Emerald.Com, 17(5), 544–555. https://doi.org/10.1108/13598541211258609

Supriyanto, A. (2016). COLLABORATION COUNSELOR AND PARENT FOR DEVELOPING STUDENT SPIRITUAL COMPETENCY TROUGH COMPREHENSIVE GUIDANCE AND COUNSELING SERVICE. In Jurnal Fokus Konseling (Vol. 2, Issue 1).

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakte, 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1307

Thomson, A. M., Perry, J. L., & Miller, T. K. (2009). Conceptualizing and measuring collaboration. Journal of Public Administration Research and Theory, 19(1), 23–56. https://doi.org/10.1093/jopart/mum036

Winarno, S. (2009). Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi. Buku Kompas.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles

Citation Check