Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Tujuan dari penulisan ini sebagai referensi model pembelajaran berbasis blended learning untuk meningkatkan critical thinking Salam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. era Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana hidup manusia berorientasi pada teknologi. Penguasaan teknologi, dunia Maya, big data, Dan lain sebagianya. Era ini menjadi tantangan bagi manusia generasi saat ini. Hal ini dikarenakan, permasalahan di era Revolusi Industri lebih kompleks Dan manusia harus mampu bertahan Dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di era saat ini. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk membantu manusia dalam menghadapi era Revolusi Industri, Salah satunya adalah menanamkan sejak dini, keterampilan Dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menghadapi era Revolusi Industri. Ada berbagai macam keterampilan yang diperlukan oleh siswa saat ini. Critical thinking skills, merupakan Salah satu keterampilan yang sangat diperlukan oleh siswa. Hal ini dikarenakan, dalam critical thinking skills melibatkan berbagai macam aspek Dan melalui proses berpikir yang sistematis. Tentunya dalam menanamkan critical thinking skills pada siswa, pendidikan dan model pembelajaran yang efektif dan efisien akan mengembangkan kemampuan critical thinking siswa secara optimal. Mengikuti era revolusi industri 4.0, tentunya model pembelajaran menggunakan metode yang diberikan kepada siswa perlu menyesuaikan dengan eranya. Salah satu metode yang sesuai dengan era saat ini adalah blended learning. Blended learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mana menggabungkan traditional method (metode yang terdahulu) dengan modern method (teknologi atau metode baru). Implementasi metode ini dilakuikan dengan beberapa siklus dan pertemuan. Contoh metode yang diberikan dalam mengembangkan critical thinking seperti menggabungkan metode problem solving dengan video atau blogging. dengan Demikian, siswa akan mempelajarai suatu hal yang berbeda dan baru untuk dianalisis dan dipelajari. Hal ini akan memacu siswa untuk berpikir kritis. Dengan demikian, siswa akan memiliki critical thinking skills yang berkembang dengan optimal dan siswa akan mampumenghadapi era revolusi industri 4.0 kedepannya.
References
Andreas Hassim. 2016. http://id.beritasatu.com/home/revolusi-industri-40/145390. 30 April 2018
Cotrrell, Stella. 2011. Palgrave Study Skills, Critical Thinking Skills : Developing Effective Anlysis and Argument, Second Edition. New York : Palgrave MacMillan
Debra Bath and John Bourke. 2010. Getting Started With Blended Learning. Griffith Institute for Higher Education :Australia
Garrison, D.Randy dan Heather Kanuka. 2004. Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. Internet and Higher Education. 7 (..) : 95-105 ELSEVIER: Canada
Graham, S. 2005. Blogging For ELT. UK:BRITISH COUNCIL.
Hendra, Surya. 2011. Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis
Izhab, Zaleha. 2004. Developing Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Bandung : Nuansa
Jalal, Fasli. 2008. Bahan Paparan Direktur Jenderal PMPTK pada Rembug Nasional Pendidikan Tahun 2008.
Jovan, F. N. 2007. Panduan Praktis Membuat Web dengan PHP. Jakarta: Media Kita.
Mei, Ye. (2017) Research on Adaption Strategy of Higher Vocational Colleges Based on Industry 4.0. Review of Educational Theory.
Neumeier ,Petra. 2005. A closer look at Blended Learning – parameters for designing a Blended Learning environment for language teaching and learning, ReCALL 17 (2): 163–178 Cambridge University Press: UK
PAIKEM.Semarang : RaSAIL Media Group
Potter, Mary Lane. 2010. From Search to Research : Developing Critical Thinking Through Web Research Skills©: Microsoft Corporation
Rouf, I and Y. Sopyan. 2007. Panduan Praktis Mengelola Blog. Jakarta: Media Kita.
Saliba, Gina dan Lynnae Rankine. 2013. Fundamentals of Blended Learning, University of Western Sydney: Sydney
Sutisna, Anan . 2016 . Pengembangan Model Pembelajaran Ble nded Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 18, No.3
Tony, Anthony William(tony) Bates. 2016. Teaching in a Digital Age. Contact North: Contact Nord Research Associate
Tritularsih ,Yustina & Wahyudi Sutopo.Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2017 Surakarta, 8-9 Mei 2017
Tucker, Jennifer S. . 2009. Training Digital Skills In Distributed Classroom Environments: A Blended Learning Approach. U.S. Army Research Institute for the Behavioral and Social Sciences: U.S
Zagal, J. P., Bruckman, A. S. . 2011. Blogging for facilitating understanding: A study of video game education. International Journal of Learning and Media. 3 (1) 17-27.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/11/jumpai-tenaga-pendidik-banggai-mendikbud-sampaikan-program-prioritas-di-bidang-pendidikan. 31 April 2018