Bullying Dan Upaya Pencegahannya Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling

Penulis

  • Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Abstrak

Siswa dalam mengembangkan kepribadiannya tidak selalu dihadapkan pada situasi dan kondisi yang kondusif. Faktanya tidak sedikit siswa yang menghadapi hambatan ketika berkeinginan mengembangkan diri secara optimal, salah satunya adalah perilaku bullying di sekolah. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk memberikan gagasan dalam upaya pencegahan perilaku bullying di sekolah melalui layanan bimbingan dan konseling. Strategi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama diharapkan mampu mencegah perilaku bullying di sekolah. Studi dapat dijadikan strategi bagi guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya mencegah perilaku bullying

Kata kunci: bullying, layanan bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, sosiodrama

Referensi

Ahmadi, Abu. (2009). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: PT. Ikrar Mandiri abadi.

Desmita (2009), Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosda Karya .

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati, Nurul (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternative solusi. Jurnal psikologi universitas muhammadiyah gresik.

Indrawan, Aditya F. (2017). KPAI Terima Aduan 26 ribu Kasus Bully Selama 2011-2017. Diunduh pada laman detik.com pada tanggal 02 Mei 2018.

Kurniawan, DE. 2018. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan 2(01).

Muthmainah, Dinda A. (2017). Semakin Banyak yang Melaporkan Kasus bullying. CNNIndonesia.com diunduh pada tanggal 3 Mei 2018.

Myrick, Robert D. 2011. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach Fifth edition. Minneapolis : Educational Media Corporation.

Pratiwi, Riski. 2017. Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok Teknik sosiodrama terhadap kecenderungan Bullying Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut SEI TUAN. Skripsi. Universitas Negri Medan

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan praktek bimbingan kelompok. Universitas Negeri Malang.

Setiawati, Vicky. (2013). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Mennegah Pertama. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Simanjuntak, JFY. (2016) Mereduksi Terjadinya Bullying Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok teknik Sosiodrama. SKRIPSI. Universitas Negeri Medan.

Wicaksana, I. 2008. Mereka Bilang Aku Sakit Jiwa. Yogyakarta: Kanisius.

Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Willis, S. 2013. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2018-05-07

Terbitan

Bagian

Articles