Hubungan Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Herman Alimuddin STKIP Andi Matappa
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa
  • Rahmat Kamaruddin STKIP Andi Matappa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tingkat ekonomi keluarga dan kebiasaan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Ma’rang.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 478 orang. Adapun yang menjadi sampelnya siswa kelas VII E .

Penelitian ini dilaksanakan dengan membagikan angket pernyataan kebiasaan belajar matematika pada siswa selanjutnya mengambil data dari dapodikdas untuk melihat biodata peserta didik untuk pendapatan orang tua. Jenis data yang dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif sedangkan pengambilan data hasil belajar dilakukan pada guru bidang studi matematika dilihat dari nilai rapor semester ganjil  .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : korelasi antara X1 dan Y menghasilkan koefisien korelasi ryx1 = 0.001 berada pada interval koefisien 0.00-0.199 dengan tingkat hubungan sangat rendah/ Tidak ada hubungan Tingkat Ekonomi Keluarga terhadap hasil belajar. Pada hasil analisis diperoleh Fhitung< Ftabel atau 4.898 < 4.995 maka Ho diterima dapat disimpulkan bahwa Tidak ada hubungan Antara Tingkat Ekonomi Keluarga terhadap Hasil belajar siswa. korelasi X2 dan Y pada tabel menghasilkan koefisien ryx2 = 0,204 berada pada interval 0.20-3.99 dengan tingkat rendah hubungan kebiasaan belajar matematika terhadap hasil belajar. Pada hasil analisis diperoleh Fhitung<Ftabel atau 361 < 4.995 maka Ho diterima dapat disimpulkan bahwa Tidak ada hubungan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil belajar siswa. Maka Tidak ada hubungan Antara Tingkat Ekonomi dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Ma’rang.

 

A Rahman, 2012. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pelajaran Matematika di gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2011/2012. http://eprints.uny.ac.id/9306/2/bab%202%20-08108244023.pdf  diakses pada tanggal 22 November 2015. (Halaman 18)

A Mustikah,  2008. Hubungan Ekonomi Keluarga dan PrestasiBelajar, http://Status 404 - /dspace/bitstream/123456789/16575/1/ANIK%20MUSTIKAH.pdf  di akses 11 juli 2015. (Halaman 10)

D Handani, 2013. Hubungan Tingkat Pendapatan Keluarga dan Prestasi Belajar. http://eprints.ums.ac.id/24014/9/naskah_publikasi.pdf  diakses 8 November 2015. (Halaman 9)

Dapodikdas,  2015. Penghasilan orang tua peserta didik. Localhost SMPN 1 Ma’rang. (Halaman 15)

Indrawati, 2009. Status Sosial Ekonomi Orang Tua siswa dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Mi Ianatussibyan 01 Waru Jya Parung Bogoro, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4482/1/98444-INDRAWATI-FITK.pdf.   di akses pada tanggal 5 November 2015. (Halaman 8)

Kasmadi, dkk, 2014, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Alfabeta, Bandung (Halaman 38)

Mansyur Eppe, 2004. Pengaruh Pembelajaran Konstekstual Dan Konvensional Berdasarkan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pascaserjana Universitas Negeri Makassar 2004. (Halaman 32)

Naeemullah bajwa, 2011. Cooperative Study Of The Study Habirs oF The Student From Formal and Non-Formal Syistems Of Education In Pakistan.

           http://www.ijbssnet.com/journals/Vol._2_No._14%3B_July_2011/20.pdf  diakses  22 November 2015. (Halaman 16-17)

Nur asiyah, 2011.  Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Penghasilan Orang Tua Siswa, http://digilib.uir.ac.id/dmdocuments/pea,nur%20aisyah.pdf        diakses pada tanggal 11 juli 2015. (Halaman 25)

S Agus, 2012. Pendapatan Orang Tua Siswa dan Prestasi Belajar, http://eprints.uny.ac.id/8561/3/bab%202%20-08402241020.pdf. Di akses pada tanggal 5 November 2015. (Halaman 10-15)

Sri Wahyuni, 2011. Hubungan status social ekonomi orang tua dan pemanfaatan media belajar dengan pretasi belajar pada siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta tahun 2010/2011, core.ac.uk/download/pdf/16507225.pdf    di akses 11 juli 2015. (Halaman 28)

Sinta dyana Santi,  2009. Pengaruh Kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Karangtengah Kab. Demak tahun ajaran 2008-2009. (Halaman 28)

Takbir, 2014, Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Mts Muhammadiyah Sibatua Kec Pangkajene Kab Pangkep, Skripsi Tidak diterbitkan. Pangkep, STKIP Pangkep. (Halaman 45)

The Liang Gie, 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: liberty. (Halaman 19)

Referensi

A Rahman, 2012. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pelajaran Matematika di gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2011/2012. http://eprints.uny.ac.id/9306/2/bab%202%20-08108244023.pdf diakses pada tanggal 22 November 2015. (Halaman 18)

A Mustikah, 2008. Hubungan Ekonomi Keluarga dan PrestasiBelajar, http://Status 404 - /dspace/bitstream/123456789/16575/1/ANIK%20MUSTIKAH.pdf di akses 11 juli 2015. (Halaman 10)

D Handani, 2013. Hubungan Tingkat Pendapatan Keluarga dan Prestasi Belajar. http://eprints.ums.ac.id/24014/9/naskah_publikasi.pdf diakses 8 November 2015. (Halaman 9)

Dapodikdas, 2015. Penghasilan orang tua peserta didik. Localhost SMPN 1 Ma’rang. (Halaman 15)

Indrawati, 2009. Status Sosial Ekonomi Orang Tua siswa dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Mi Ianatussibyan 01 Waru Jya Parung Bogoro, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4482/1/98444-INDRAWATI-FITK.pdf. di akses pada tanggal 5 November 2015. (Halaman 8)

Kasmadi, dkk, 2014, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Alfabeta, Bandung (Halaman 38)

Mansyur Eppe, 2004. Pengaruh Pembelajaran Konstekstual Dan Konvensional Berdasarkan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pascaserjana Universitas Negeri Makassar 2004. (Halaman 32)

Naeemullah bajwa, 2011. Cooperative Study Of The Study Habirs oF The Student From Formal and Non-Formal Syistems Of Education In Pakistan.

http://www.ijbssnet.com/journals/Vol._2_No._14%3B_July_2011/20.pdf diakses 22 November 2015. (Halaman 16-17)

Nur asiyah, 2011. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Penghasilan Orang Tua Siswa, http://digilib.uir.ac.id/dmdocuments/pea,nur%20aisyah.pdf diakses pada tanggal 11 juli 2015. (Halaman 25)

S Agus, 2012. Pendapatan Orang Tua Siswa dan Prestasi Belajar, http://eprints.uny.ac.id/8561/3/bab%202%20-08402241020.pdf. Di akses pada tanggal 5 November 2015. (Halaman 10-15)

Sri Wahyuni, 2011. Hubungan status social ekonomi orang tua dan pemanfaatan media belajar dengan pretasi belajar pada siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta tahun 2010/2011, core.ac.uk/download/pdf/16507225.pdf di akses 11 juli 2015. (Halaman 28)

Sinta dyana Santi, 2009. Pengaruh Kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Karangtengah Kab. Demak tahun ajaran 2008-2009. (Halaman 28)

Takbir, 2014, Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Mts Muhammadiyah Sibatua Kec Pangkajene Kab Pangkep, Skripsi Tidak diterbitkan. Pangkep, STKIP Pangkep. (Halaman 45)

The Liang Gie, 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: liberty. (Halaman 19)

Diterbitkan

2018-05-29

Terbitan

Bagian

Articles