Hubungan Pemberian Motivasi Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus XVIII
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.1236Kata Kunci:
Giving Motivation to Parents, Learning Outcomes, Mathematics.Abstrak
The problem in this study is the lack of parental motivation for student learning outcomes which makes students have no desire to learn. This study is a quantitative study with a correlation design that aims to determine the relationship between parental motivation and learning outcomes in mathematics for fifth grade elementary school students, cluster XVIII. Based on the results of inferential statistical analysis, the value of tcount () is greater (>) the value of ttable (1.67252) at a significance level of 5%. Thus H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the analysis above, it can be concluded that giving parents motivation has an impact on students' enthusiasm for learning in participating in the learning process so that they can improve their learning outcomes. From these conclusions, the impact of this study is known that the provision of high parental motivation can improve student learning outcomes.
Referensi
Djumingin Sulastriningsih. 2016. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Hero, H. Ermalinda, M. S. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 01(2)128 - 129
Jafar, M. I., Patta, R., & Rauf, H. 2018. Penerapan Pendekatan Realistik Bersetting Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inp 6/75 Manurungge Watampone Kab.Bone. JIKAP PGSD: Jurnla Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 10–18.
Mustamin. 2015. Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Prestasi Siswa dalam Berbahasa Inggris di Madrasah Tsaawiyah (MTs) DDI Galesong Makassar. Skripsi.UIN ALAUDDIN. Makassar
Majid, A. 2017. Penelitian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1 No 3
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rumhadi, Tri. 2017. Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan. Vol 11 No 1. 328.
Sumantri, M. S. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Jakarta.
Saputri, I, D., Siswanto, J & Sukamto. 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 2 No 3
Sumiati, T., Amri, B & Sukayasa. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Kelas VIII Smp Negeri di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Mitra Sains,Vol 5 No 2.84-94
Sugito, A. F. dan S. 2019. Pengaruh Keterlibatan Orang, Perilaku, Guru, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, S., Nurdin, M & Kadir, A, A.2018. Deskripsi Tingkat Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnla Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.
Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. 2019. Minat Siswa terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.