Analisis Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas V SDN Tapos 03
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i4.2103Kata Kunci:
Character Education, Qualitative Descriptive, Responsibility.Abstrak
Referensi
Agus Zaenul Fitri, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan penguasaan konten. Indonesia journal of guidance and counseling: Theory and application, 44-50. doi:10.15294/IJGC.V3I1.3753.
Anas Salahudin, Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter, Bandung : CV Pustaka Setia.
Anggota Komunitas Pecinta Buku Indonesia Maju. 2019. Implementasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter. Media Edukasi Indonesia.
Aqib Zainal, Ahmad Amrullah. 2017. Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Gava Media.
Kartika S, L., Tandililing S, E., & Bistari S. (2016, September). Penerapan engaged learning strategy dalam menumbuh kembangkan tanggung jawab belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 57-64. doi:http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.84.
Kemendikbud. 2016. Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak. Senayan Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Bandung: Kata Pena.
Maragustam. 2016. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Meita Wida Ayu Prihastutiaa, Santaa. 2020. Analisis karakter tanggung jawab pada siswa kelas IV SDN Lawanggintung 2. Bogor.Volume 03, Nomor 02, September 2020, Hal. 128 - 132 https://journal.unpak.ac.idindex.php/jppguseda e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941.
Nurfati’ah. (2017). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Volume V, Nomor 2, Desember 2019 : Hal 144-152. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT
Parlina. 2016. Hubungan antara self regulated learning dengan tanggung jawab belajar siswa. Fakultas Psikologi UMP, 1-17.
Rika Juwita, Asep Munajat, Elnawati. 2019. Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Volume V, Nomor 2, Desember 2019 : Hal 144-152. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT
Riri Pratiwi, Aquami, Novia. 2020. Strategi Guru Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dalam Upaya Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 di SD Negeri 3 Lumpatan. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi
Risma Mila Ardila, Nurhasanah Nurhasanah, Moh Salimi. 2017. Pendidikan karakter tanggung jawab dan pembelajarannya di sekolah. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151.
Sari, S., & Bermuli, J. 2021. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana