Implementasi Model PBL, NHT dan CCB serta Media Kantong Penyelidikan
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2109Kata Kunci:
CCB, Investigation Pockets, NHT, PBL.Abstrak
Referensi
Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.
Agustin, N. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Proklamasi Kemerdekaan Muatan IPS melalui kombinasi model PBL, NHT, Dan Make A Match Pada Kelas VA Di SDN Teluk Tiram 1. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Cahaya, N. (2015). Permainan Anak Tradisional Kalimantan Selatan Sebagai Motivasi Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ethnopedagogy, 1 (2), 31-38.
Fadhilah, dkk. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Uniqbu, 1 (2), 22-34.
Fauzi. (2016). Pengembangan Cerita Anak Berwawasan Budi Pekerti Bagi Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 2 (1).
Haris, I. (2019). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia SD. Jurnal AUDI, 1 (1), 15-20.
Haryanti. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2), 57-63.
Hasan, dkk. (2021). media pembelajaran. Sukoharjo: Tahta media Group.
Hasibuan & Prastowo. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Jurnal Magistra, 10 (01), 26-50.
Helmina, R. (2021). Meningkatkan Aktivitas Siswa Tentang Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model PBL. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lambung Mangkurat.
Hidayat. (2017). Model Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Budhi Mulia.
Huda. (2018). Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Media.
Kemendikbud. (2021). Standar Nasional Proses.
Maulana, Z; Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5 (2), 167-171.
Metroyadi ; Fauzi. (2020). The Effect of Mind Mapping Based Contextual Learning on Student Learning Outcomes. Advances in Social Science. Education and Humanities Research, 501.
Metroyadi, & Fauzi. (2021). The Role of School Chief in the Implementation of Management Based on Environmental Education Programs (Adiwiyata Program). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 525.
Moloeng, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nastiti, dkk. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5 (1), 61-66.
Oktaviana, F. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Kombinasi Model Jigsaw, NHT, Dan TGT Pada SDN 2 Telang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lambung Mangkurat.
Priscilla & Dedy. (2021). Implementasi Pilar Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 2 (1), 64 76.
Rahima, Line; Fauzi, Zain Ahmad; Asniwati. (2019). Muatan PPKn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Make A Match pada Kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5 (1).
Rahmadtullah. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2), 278 298.
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Septikasari & Nugrah. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VII (02), 112-122.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, & Hasanah. (2017). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.