Tinjauan Soal Penilaian Tengah Semester Pada Materi Matematika Berdasarkan Tingkat Kognitif Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2171Kata Kunci:
Cognitive Levels, Mid-Semester Assessment, Math Class VI.Abstrak
Referensi
Ali M. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
Arikunto, S.2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Tahun Anggaran 2019.
Hajaroh, S., & Adawiyah R.2018. Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Jurnal Jurusan PGMI. 10 (2). 131-152.
Helmawati.2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Himmah, I., W. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 3(1). 55 – 63.
Ibrahim, Kristyandaru A., & Widodo A.2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Untuk Mengukur Pengetahuan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VII SLTP. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 9 (2) 175 – 182
Indaryanti, Susanti E., Aisyah N., & Scristia.2018. Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang. 4 (2). 103-109
Kenedi K., A., Hendri S., Ladiva B., H., & Nelliarti.2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy. 5 (2). 226 – 235.
Listiowarni I., & Dewi P., N.2020. Pemanfaatan Klasifikasi Soal Biologi Cognitive Domain Bloom’s Taxonomy Menggunakan KNN Chi-Square Sebagai Penyusunan Naskah Soal. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi. 11 (2) 185 – 195.
Maksum A., & Suntari Y.2019. Pelatihan Penyusunan Soal Ips Berbasis HOTS. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD). 2 (1). 10 – 13
Mauliandri R., Maimunah & Roza Y. (2021). Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05 (01). 803-811.
Mauliandri R., Maimunah & Roza Y.2021. Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05 (01). 803-811.
Merta W., 1., Lestari N., & Setiadi D .2019. Teknik Penyusunan Instrumen Higher Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru-Guru Smp Rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2 (1). 48 – 53.
Ndiung S., & Jediut M.2020. Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 10 (1). 94 – 111.
Puspaningtyas, D., N & Ulfa M.2020. Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. 4 (2). 137-140.
Putrantri D., S., & Prahmana, I., C., R.2018. Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Masalah. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 2 (1). 86 -97.
Ralmugiz U.2020. Kemampuan Siswa Smp Kota Kupang Dalam Menyelesaikan Masalah Hots Matematika. Jurnal Gammath. 5 (1). 38 – 43.
Ruwaida H.2019. Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pelajaran Fiqih di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al- Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 4 (1) 53 – 64.
Suhady W., Roza Y., & Maimunah.2020. Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang. 5 (2). 143 – 150.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Valen A.2020. Analisis Pemahaman Guru Dan Kemampuan Menyusun Soal Mid Semester Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4). 1084-1096.
Wahidmurni, Marandy S., Y., & Hani’ah Z.2021. Demografi dan Kompetensi Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skills Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial). 8 (1). 90-103.
Widana, I. 2017. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Depdikbud.