Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa TK Melalui Penerapan Ice Breaking pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2219Kata Kunci:
Ice breaking, Learning motivation, Online learning, Student, Teacher.Abstrak
Referensi
Ansyar, M. (2015). Kurikulum: hakikat, fondasi, desain, dan pengembangan. Jakarta: KENCANA.
As'ari, & dkk. (2019). Pengaruh pembelajaran game ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas v (lima) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD negeri 001 pangkalan kecamatan pucuk rantau. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS).
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. Jakarta: CV Abe Kreatifindo.
Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar. Jurnal Buana Pendidikan. doi:10.36456/bp.vol 6.no 11.a1080
Febriandari, E. I., Khakiim, U., & Pratama, N. A. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. doi:10.28926/brilian
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jurnal Tadris Matematika. doi:10.20414/betajtm.v9i1.1
Haifaturrahmah, & dkk. (2020). Pelatihan ice breaking bagi guru SD sebagai upaya optimalisasi kegiatan awal pembelajaran di kelas. JCES (Journal of Character Education Society. doi:10.31764/jces.v3i1.1443
Haudi. (2021). Strategi pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Hidayat, U. S. (2016). Model-model pembelajaran efektif (satuan panduan menjadi guru profesional). Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
Ismi, A. D., & dkk. (2021). Penggunaan "ice breaking" terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Wawasan Pendidikan. doi:10.26877/wp.v1i2.8640
Izzaty, R. E. (2017). Perilaku anak prasekolah: masalah dan cara menghadapinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kessi, A. P. (2019). Motivasi, kompetensi, dan penguasaan teknologi informasi pada kepuasan kerja dan kinerja dosen. Jakad Media Publishing.
Labasariyani, N. L., & Marlinda, N. L. (2019). Pembuatan dokumentasi permainan ice breaking dalam mata kuliah matematika untuk mahasiswa stmik amikom Indonesia. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Maisah, S. (2019). Implementasi ice breaking dalam pembelajaran bahasa arab bagi non-arab. El Ibtikar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurrahmawati, A., & dkk. (2021). Menjadi guru profesional dan inovatif dalam menghadapi pandemi (antologi esai mahasiswa pendidikan matematika). Yogyakarta: UAD Press.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Yogyakarta: Deepublish.
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung.
Priambodo, A., & Purwoko, D. H. (2018). Pengaruh penerapan ice breaking pada pembelajaran pendidikan jasmani terhadap peningkatan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.
Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: LP3M.
Rahmi, R. (2018). Korelasi kegiatan ice breaking dengan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. doi:10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2364
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. doi:10.24127/ja.v3i1.144
Tania, A. L., & dkk. (2021). Usaha pemberian layanan yang optimal guru BK pada masa pandemi covid-19. Yogyakarta: UAD Press.
Tokan, R. I. (2016). Sumber kecerdasan manusia (human quotient source). Jakarta: PT Gramedia.
Wardan, K. (2020). Motivasi kerja guru dalam pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Yuliani, M., & dkk. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan teori dan penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.