PROFIL TAKSONOMI PENGETAHUAN SISWA SMP DALAMPEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Penulis

  • Rahmawati Patta Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.246

Kata Kunci:

knowledge taxonomy, cognitive style, SPLDV, metacognitive

Abstrak

The Study aimed at discovering (1) the profile of  knowledge taxonomy of student in solving story problem of linear equation system of two variables based on cognitive style, (2) the comparison of knowledge taxonomy of student in solving story problem of linear equation system of two variables based on cognitive style.The Study is a qualitative research. The instrument of the study was the researcher himself as the main instrument guided by tasks in solving story problem of linear equation system of two variables and a valid, reliable guided interview. Data were collected by conducting task based interview. The subjects of the study were two grade VIII students of SMPN 5 Marioriwawo in Soppeng district consisted of one student who categorized as field independent named as SFI (subject field independent) and one student who categorized as field dependent named as SFD (subject field dependent). 

Biografi Penulis

Rahmawati Patta, Universitas Negeri Makassar

Dosen FIP PGSD Universitas Negeri Makassar

Referensi

Alimuddin. 2012 Proses BerpikirKreatif MahasiswaCalon GuruKreatif dalam Pemecahan Masalah MatematikaBerdasarkan Gender . Disertasi Tidak diterbitkan Surabaya: PPs. UniversitasNegeri Surabaya.

Anderson, Lorin W (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, pengajaran,dan Assesmen. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

_____________________________ 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasardan Menengah. Jakarta: Kegiatan Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SMP.

Gie , Liang. 1999. Filsafat Matematika. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin. 2006. Model Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif . Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs. Universitas Negeri Surabaya.

Pasenrengi. 2012. Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Limit Fungsi Aljabar Pada Siswa SMA Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012.. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Pramita, Dewi. 2011. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri18 Makassar. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiarso, Bambang. 2006. Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) danProses Penciptaan Pengetahuan. (IlmuKomputer.com, Diakses Tanggal 21 Januari 2013)

Slameto. 2010 Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Slavin. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Suryasubrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali .

Diterbitkan

2018-09-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check