Efektivitas Model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Jigsaw Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2966Kata Kunci:
Jigsaws, Responsibility, Two Stay Two Stray.Abstrak
Referensi
Afindasari, W. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Movie Learning Terhadap Prestasi Belajar dan Tanggung Jawab Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SDN 1 Banteran. http://repository.ump.ac.id/4495/
Alfianita. (2018). Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Dalam Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa. http://repository.unissula.ac.id/11427/
Apriliani, D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah Dasar 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4, 277–295.
Dewi, P. A. R., Bawa, P. W., & Sugama, I. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Seni …. BATARIRUPA: Jurnal Pendidikan Seni, I, 50–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.6294512
Dwijayani, R., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iii Sd Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pkn. Kalam Cendekia, 6(4.1), 16–23. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/11962/8534
Hamdayana, J. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Hikmawati, F. (2020). Metode Penelitian. Rajawali Pers.
Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.
Permendikbud. (2018a). Peraturan Menteri Pendidikan No. 37 tahun 2018 perubahan permen 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 62–63.
Permendikbud. (2018b). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Rahmayani. (2016). Implementasi Manajemen Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(2), 143–148.
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.
Siswanto, W. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. PT. Alfabet.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.