Penerapan Model Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDN 57 Kaca
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3097Kata Kunci:
Cooperative Learning Model, Example Non Example, Learning Outcomes.Abstrak
Referensi
Djafar, N.A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII.K SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Bionature, 15(2).
Habibah, S. (2016). Penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada materi tokoh-tokoh pergerakan nasional kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).
Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 18-25.
Kurniawan, N. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Lestiawan, F., & Johan, A.B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi,6(1), 98-106.
Naibaho, A.J., Efendi, S., & Sidabolak, N.E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Perspektif Pendidikan,16 (2), 224-234.
Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran kewarganegaraan (PKn).
Pramestya, M. A. P., Suara, I. M., & Wiyasa, I. K. N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A Tk Kumara Adi I Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Satria, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-10.
Subair, A., Lukman., & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. 1497–1508.
Suyanti, P., Hanifah, N., & S.D.T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1) 2021-2030
Wulan, L. I. C., Wirya, N., & Jampel, I. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak TK Pradnya Pramita Kecamatan Tabanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Yulia, Hasna, & Hidayat, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Manusia dan Lingkungan Di Kelas V UPTD SD Negeri 55. JIKAP: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 577-583.
Zainal, Z. & Maryam, St. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 1-7.