Pengaruh Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik UPTD SPF SDN 8 Maccope

Penulis

  • Muslimin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurul Mukhlisa Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sahra Ramadhani Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3569

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep IPA materi transformasi energi peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model PBL serta pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep IPA materi transformasi energi peserta didik UPTD SPF SD Negeri 8 Maccope.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran PBL, sedangkan variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPA.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh bahwa pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV sebelum diterapkan model PBL berada di kategori  kurang baik, sedangkan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV setelah diterapkan model PBL berada di kategori sangat baik.Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga  diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPA materi transformasi energi peserta didik kelas IV UPTD SPF SD Negeri 8 Maccope antara sebelum dan setelah diterapkan model PBL.Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap pemahaman konsep IPA materi transformasi energi peserta didik kelas IV.

Referensi

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning.Edu Humaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82–95. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125

Atmaja, I. M. D. (202l). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. JUrnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021

Herwansyah, Winarni, E. W., & Susanta, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Kritis Siswa Kelas V MI Al Islam Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(1), 8–15.

Ikstanti, V. M., & Yuyu, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), 2(1), 40–48.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D. P., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Maryam, S. M., Zainal, Z., & Ramsya, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare. Phinisi Integration Review, 6(2), 281–289.

Muslimin, Mukhlisa, N., & Mihrab, A. I. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Siklus Air Siswa SD. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 648–655.

Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas Vb SDN 61/X Talang Babat Article Information. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22–40.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219

Syafriani, R., & Hasanah. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Singkil. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 526–540.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (pp. 1–92). Yogyakarta: Deepublish.

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur). UNIPMA Press.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check