Pengembangan Media SBDP KIT Seni Rupa Materi Kerajinan Daur Ulang Kurikulum Merdeka Kelas IV

Penulis

  • Ratih Fadhlika Ratih Noor Fadhlika, Indonesia
  • Rofian Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Kiswoyo Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3570

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan permasalahan (1) pengembangan media SBdP KIT, (2) kelayakan media SBdP KIT. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media SBdP KIT dan untuk mengetahui kelayakan media SBdP KIT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dilakukan dalam lima tahap yang disederhanakan dari model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Validitas data menggunakan teknik validasi dan respon. Penelitian dilaksanakan di SD N Dumpil dan SDN Alasdowo 01 pada kelas IV. Hasil penelitian menjelaskan mengenai pengembangan dan hasil uji coba lapangan media SBdP KIT adalah berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa di SD N Dumpil dan SDN Alasdowo 01 dengan persentase 95% dan 97% dengan kriteria “sangat layak” untuk respon guru. Sedangkan untuk respon siswa 93% dan 89% dengan kriteria “sangat layak” yang melibatkan 12 siswa SD N Dumpil dan 14 siswa SD N Alasdowo 01. Media SBdP KIT ini diharapkan dapat bermanfaat dan dapat menjadi salah satu media siswa untuk lebih kreatif dalam membuat kerajinan tangan khususnya pada mata pelajaran Seni Rupa materi kerajinan daur ulang.

Biografi Penulis

Ratih Fadhlika, Ratih Noor Fadhlika

PGSD/FIP/Mahasiswa/Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Referensi

Damayani, A. T., Rahmawati, I., & Kiswoyo. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Visual Basic Application dan Triggers pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Seminar Pendidikan Nasional.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., . . . Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education, 293-304.

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 58-67.

Pamadhi, H. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. 92-106.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7174-7187.

Rofian, & Asrori, L. A. (2022). Seni Montase dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Mata Pelajaran SBdP Kelas IV Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 1-10.

Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun dalam Membuat Karya

Sekarsari, A., & Trimurtini. (2021). Pengembangan KIT Bangun Ruang Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang di Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, 28-35.

Sholikhah, P. N., Nur, A., & Maydini, K. (2021). Pengembangan Media KIT Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas IV SD "Kotak Siapa Berani Berkali" Berbasis Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13-18.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiarto. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani, Yogyakarta: Laksitas

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check