Persepsi Peserta Didik Tentang Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi di Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3574Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi di kelas 5 SDN Sambirejo 02. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Peserta penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran berbasis proyek. Mereka menganggap pembelajaran ini memberikan kesempatan untuk bekerja secara kolaboratif dengan teman sekelas, mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbagi ide, bekerja dalam tim, dan menghargai kontribusi tim. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis proyek dan implikasinya dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi di kelas 5 SDN Sambirejo 02.
Referensi
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom pada Materi Ekosistem. Biodukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 143-149.
Ariyana, et.al. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Dirjen GTK
Azizah, M. (2023) Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2)
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14118/10863
Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Khotimah, K. and Salimi, M. (2017) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar, KALAM CENDEKIA, 5(1).
Kurniati, dkk. 2022. dengan judul penelitian. Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21”.
https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/view/1516
Nafiah, A., & Suyanto, S. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 78-89.
Rahayu, S., Euis, E. P., & Bella, A. S. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 132–43
Rahmawati, M. D., Rochmiyati, S., & Ardiyatno, H. (2023). Improving Cursive Writing Skills Through a Project Based Learning Model for Grade 2 Elementary School Students in Yogyakarta, Indonesia. Proceedings of International Conference on Teacher Profession Education, (pp. 973-985). Yogyakarta.
Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMA Negeri 1 Seteluk. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 1(2), 19–26.
Saenab, Sitti, and Andi Nurul Virninda. "PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran pjbl dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa." (2017): 45-50.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.