Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Tema Sehat Itu Penting Subtema Peredaran Darahku Sehat

Penulis

  • Mutiara Zahra Universitas Pakuan Bogor, Indonesia, Indonesia
  • Elly Sukmanasa Universitas Pakuan Bogor, Indonesia, Indonesia
  • Lina Novita Universitas Pakuan Bogor, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3583

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan, masalah yang ditemukan adalah bahwa siswa tidak menerima materi pengajaran yang inovatif, siswa masih menggunakan buku tema, bupenas dalam proses belajar dan juga guru tidak mengembangkan bahan pengajaran elektronik dan berbasis aplikasi. (2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis Canva dengan tes validasi oleh media, materi, ahli bahasa, dan tanggapan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini dalam bentuk persentase skor tes validasi oleh validator ahli material dengan skor 87%, ahli media pada 95%, kategori dan linguis memberikan skor 100% dengan kategori yang sangat memungkinkan. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Canva pada tema 1, subtema 1, belajar 1 cocok untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Referensi

Abdussamad Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi: Syakir Media Press

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–42. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Daryanto.2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Enterprise, Jubilee. 2021. Desain Grafis dengan Canva untuk pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=P9NEEAAAQBAJ&hl=id

Imanasari, Nurulita, dan Ina Sunaryantiningsih. 2017. “Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja.”

Indika Irkhamni, Aini Zulfa Izza, Wilda Tsaniya Salsabila, Nurina Hidayah. 2021. “Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul.” Pendidikan matematika 127–34.

Irene, Kristianti W, Adhalia D. 2016. Bupena Buku Penilaian Tema Sehat itu Penting dan Ekosistem Jilid 5B untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Kuncahyono. 2018. “Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” journal of madrasah ibtidaiyah education 2(2):220–31.

Kurniawan Citra, dan Kuswandi Dedi. 2021. Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication. https://books.google.co.id/books/about/Pengembangan_E_Modul_Sebagai_Media_Liter.html?id=RfgvEAAAQBAJ&printsec=frontcover&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_entity&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mahardika, Bagus Nanda, I. Nyoman Sudana Degeng, dan Nurmida Catherine Sitompul. 2021. “Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar.” Akademika 10(01):13–24. doi: 10.34005/akademika.v10i01.1322.

Ningsih, Sri Yunimar, dan Nenny Mahyuddin. 2021. “Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):137–49. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1217.

Pelangi, Garris. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” jurnal sasindo unpam 8.

Rahmasari, E.A, & Yogananti, A. F. 2021. “Kajian usability aplikasi canva.” jurnal desain komunikasi visual dan multimedia 07(01):165–78.

Rayanto, Y.H dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false

Rizal Yose. 2009. Pantun dan Syair; Pantun Puisi Asli Anak Negeri. Jakarta: Bintang Indonesia.

Subekti, Ari. 2017. Sehat itu Penting: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2017/ buku guru. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, Fitriah, Gunarhadi Gunarhadi, dan Hartono Hartono. 2020. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 12(1):62–68. doi: 10.17509/eh.v12i1.15068.

Tanjung, Rahma Elvira, dan Delsina Faiza. 2019. “CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1.” 7(2).

Tegeh, I. Made, dan I. Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model.” Jurnal IKA 11(1):16.

Tim Tunas Karya Guru. 2019. Kreatif Tematik Sehat Itu Penting Kelas V untuk SD/MI. Bandung: Penerbit Duta. https://books.google.co.id/books/about/Kreatif_Tematik_Tema_4_Sehat_Itu_Penting.html?id=3ptNEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gb_mobile_entity&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Wilujeng, Intan Wahyu, dan Arnelia Dwi Yasa. 2021. “Pengembangan E Modul berbasis Canva digital tentang manfaat hewan bagi manusia siswa kelas 3 sekolah dasar.” 5(November):261–70.

Zaharah, Upik Yelianti, dan Revis Asra. 2017. “Pengembangan Modul Elektronik Dengan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII.” 6(1):89–92.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check