Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V

Penulis

  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar
  • Usman Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Azmi Multazam. H Universitas Negeri Makassar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V UPT SD Negeri 1 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPA di kelas V dengan menerapkan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I hasil penelitian dari aspek guru berada pada kualifikasi baik yaitu 80%, dari aspek siswa berada pada kualifikasi cukup yaitu 70% dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian dari aspek guru berada pada kualifikasi baik yaitu 93%, dari aspek siswa berada pada kualifikasi baik yaitu 85% dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V UPT SD Negeri 1 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang.

Biografi Penulis

Ila Israwaty, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD Universitas Negeri Makassar

Usman, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Nurul Azmi Multazam. H, Universitas Negeri Makassar

Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Makassar

Referensi

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(1), 1–15.

Hidayat, T. R. A., Zainal, Z., & Sunardi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Kebarongan. Pinisi Journal PGSD, 3(1), 447–455.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.

Israwaty, I., & Syam, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Pendekatan STEM Berbasis PJBL Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 65 Parepare. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 702–713. Makassar: State University of Makassar.

Israwaty, I., Muslimin, & Nur. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Zat Tunggal dan Campuran Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 3 Passeno. Global Jurnal Basic Education, 1(4), 512–518.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Maryam, S. M, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru. Seminar Nasional Hasli Penelitian, 432–439. Makassar: State University of Makassar.

Musfirah, Maryam, S. M., & Saputri, M. S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Perpindahan Panas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 1–6.

Nizamuddin, Azan, K., Anwar, K., Ashoer, M., Nuramini, A., Dewi, I., Abrory, M., Pebriana, P. H., Basalamah, J., & Sumianto. (2021). Metodologi Penelitian: Kajian Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa. Riau: DOTPLUS Publisher.

Peraturan Pemerintah. (2019). UU RI No. 20/2019 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Undang-Undang.

Purwanti, E., Nurrohman, E., & Pranita, H. S. (2019). Kajian IPA (Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Jawa Timur: Anggota IKAPI.

Putra, S. R. (2018). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sofyan, H., Komariah, K., & Wagiran. (2016). Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 11(1), 24–35.

Tuken, R., Hakim, A., & Asmi, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keberagaman Suku Bangsa Siswa Kelas IV UPT SDN 4 Arawa Kabupaten Sidrap. Phinisi Integration Review, 6(2), 332–336.

Usman, Wahyuni, S., & Yani, A. (2018). Penerapan Metode Question Based Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14(1), 1–5.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles