Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Penguatan Nilai P5-PPRA pada Kelas IV MI Datok Pattimang Kabupaten Luwu

Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Penguatan Nilai P5-PPRA pada Kelas IV MI Datok Pattimang Kabupaten Luwu

Penulis

  • Alam Syahputera Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Sukirman Nurdjan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Hisbullah Nurdin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Guntur Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Kata Kunci:

Strengthening P5-PPRA Values, Teaching Module, Indonesian Language

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Ajar Bahasa Indonesia dalam mengetahui kebutuhan pengembangan Modul ajar terintegrasi nilai-nilai P5-PPRA bahasa indonesia dikelas IV pada sekolah MI Datok Pattimang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau biasa juga disebut dengan Research and Development (R&D). Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) merupakan metode penelitian untuk mengembangkan dan menguji produk yang nantinya akan dikembangkan dalam dunia pendidikan. Terdapat berbagai macam model penelitian yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian Research and Development ini. ditemukan dilapangan sekaligus dapat memajukan kualitas penelitian. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion, Evaluation). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bisa digunakan untuk mengembangkan produk-produk dalam pembelajaran. Oleh karna itu penelitian yang akan dilakukan menggunakan pengembangan agar dapat menghasilkan produk yang mengatasi secara langsung masalah yang ditemukan di lapangan sekaligus dapat memajukan kualitas Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul ajar ini berpokok pada pelajaran bahasa indonesia di nilai oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian dari validator masingmasing menyatakan bahwa modul ajar ini sangat layak digunakan untuk kepada pengguna dengan perbaikan menurut saran para ahli.

Biografi Penulis

Hisbullah Nurdin, Institut Agama Islam Negeri Palopo

Academic Profile :

Google Scholar

Sinta Id

Referensi

Aulia Desi dkk, “Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar 11 no. 1 (2023): 122, https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923.

Auliaa, Desi, Hadi yanto, dan Rusdinal, “Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasiladi Sekolah Dasar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar 11 no. 1 (2023): 124, https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923.

Cholilah, Mulik, “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21,” Jurnal Sanskara Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 2 (2023): 58, https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Fauzi, Mochammad Alfan, “Implementasi Projekkpenguatannprofillpelajar Pancasilandan Profillpelajar Rahmatann Lill’alaminndalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Pada Siswaukelasrx Di Mani1imojokerto” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Direktorat KSKK Madrasah, Panduan Pengembangan Projekk Penguatan…., h. 1

Kurniasih, Apri dkk, “Pendampingan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin (P5 Dan P4r) pada Guru Madrasah Tsanawiah di Lampung Timur,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 3.

Kosasih, E, Pengembangan Bahan ajar (Bumi Aksara, 2021)

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktek KTSP), (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015), 11.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2017), 297.

Diterbitkan

2024-07-05

Terbitan

Bagian

Articles