Analisis Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas IV di Phatna Witya Yala School Thailand

Penulis

  • Muhammad Ijlal Faza Antarista Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3605

Kata Kunci:

Kesulitan Guru, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas 4 Phatna Witya Yala School Thailand. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ini adalah seorang guru matematika kelas 4. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengumpulan dokumentasi penelitian dan observasi pembelajaran yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru matematika kelas 4 mengalami beberapa kesulitan seperti mengkondisikan kelas yang tidak kondusif, menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa. Guru berupaya untuk mengatasi berbagai macam kesulitan tersebut antara lain menerapkan sistem reward point, melakukan pengamatan karakteristik siswa sebelum menentukan metode pembelajaran, serta memberikan pendampingan individual bagi siswa yang tertinggal. Penelitian ini menyimpulkan perlunya peningkatan kompetensi guru dan dukungan sekolah untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika kelas 4 di Phatna Witya Yala School Thailand.

Referensi

Amaliya, L. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika problem based learning berbasisi teknologi informatika pada siswa SMK TRITECH INFORMATIKA Medan TP. 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4173-4181.

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan model realistic mathematic education berbantu media manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151-158.

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185-192.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan guru pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1)

Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41-51

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943-947.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50-54.

Novelza, I. D., & Handican, R. (2023). Systematic Literature Review: Apakah Media Pembelajaran Mampu Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika?. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 11-22.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Sari, A. W. (2017). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa kelas viii SMP Muhammadiyah 2 Kartasura Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wiryanto, W. (2020). Proses pembelajaran matematika di sekolah dasar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.

Yani, J. A. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Kuliah Psikometri. Fakultas Psikologi Universitas.

Yuliana, E., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Operasi Hitung Pembagian Di Sd. Jurnal Sinektik, 3(1), 67-74.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check