Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III

Penulis

  • Ritha Tuken Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Muslimin Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Tri Wanda Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3608

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran PPKn kelas III UPTD SD Negeri 43 Parepare. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn melalui Model pembelajaran SAVI siswa kelas III UPTD SD Negeri 43 Parepare. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik dan prosedur pengumpulan data adalah observasi, tes dokumentasi dan lembar refleksi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu apabila proses penerapan SAVI dan hasil belajar siswa berada pada kualifikasi baik. Hasil penelitian siklus 1 berada pada kualifikasi cukup (C), sedangkan hasil penelitian pada siklus II berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn Siswa kelas III UPTD SD Negeri 43 Parepare.

Referensi

Depdiknas, (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah. Depdiknas, Jakarta.

Drs. Muslimin, M.Ed. (2023). Model-Model Pembelajaran Sains Di sekolah Dasar Efektif dan Menyenangkan. Purbalingga: CV. Eureka Media Askara.

Hasan, K., Asmaul, & Nurjannah. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng. Jurnal Pendidikan, 1(2), 81–92.

Hasan, K., Mukhlisa, N., Lestari, A., 2020. Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Dan Intellectual (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 4,165.

Hattie, J., & Yates, G. (2021). Pembelajaran yang terlihat dan ilmu tentang bagaimana kita belajar. Routledge.

Indonesia, Undang-Undang 2002, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara, Jakarta.

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Nugrahani, faridah. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nurmalinda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi ekonomi di kelas IV SD Negeri 22 Salongge kabupaten Enrekang. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 101.

Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic,auditory, Visual, dan Intelektual) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Judika Education, 1(2), 71-8.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal edunomika. Vol .2(1).

Sutarna, Nana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectually) Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Guru. Vol 5(2), 119.

Tuken, Ritha. (2016). “Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing.” Publikasi Pendidikan VI(Ktsp 2006):123–29.

Yulia, Shasliani, and Isnawati. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi (Somatic , Auditory , Visual Dan Intellectualy) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang.” Jurnal Publikasi Pendidikan 20(30):1-9.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check