Penerapan Media Wordwall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3647Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa setelah menerapkan media pembelajaran Wordwall. Wordwall merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media interaktif dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa indonesia untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Studi ini mengevaluasi efektivitas penerapan media Wordwall dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk siswa kelas 2 SD. Melalui pendekatan analisis deskriptif, penelitian ini mengamati peningkatan kemampuan literasi, motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Wordwall memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kemampuan literasi siswa dibandingkan dengan metode konvensional.
Referensi
A. I. Nadia, K. A. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Vol.12 NO. 1, 33-43.
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).
Batubara, H. H. (2022). Media Pembelajaran Praktis. Graha Edu. https://books.google.co.id/books?id=Fu9ZEAAAQBAJ
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016). Analisis kebutuhan alat peraga dalam implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60-65.
Prahesty, L. E., & Zumrotun, E. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2859-2868.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.
Ratnaningtyas, E., dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Pidie. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rizqiyah, A. M., & Arsanti, M. (2022). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembudayaan Literasi di Sekolah. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 89-100.
Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 2(2), 1-5
Sitohang, T., Simanjuntak, E. D. Y., Samosir, S. E., Panggabean, M. F., & Simanjuntak, S. E. (2024). Penggunaan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bima Utomo. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-24.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.