Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 066 Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar

Penulis

  • Rahmiana Ulfah Universitas negeri makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3665

Kata Kunci:

Value Clarification Technique (VCT) CanvaHasil Belajar, PPKn.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media Canva berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pekkabata di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Kelas V Sandeq, yang berfungsi sebagai kelas eksperimen, dan kelas V Andi Depu, yang berfungsi sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 52 orang, merupakan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 066 Pekkabata. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk menentukan temuan penelitian. Analisis inferensial dan analisis deskriptif adalah metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar PPKn siswa. H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan Independent Sample T-test, yang menunjukkan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media canva berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 066 Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar sesuai dengan hasil penelitian.

 

Referensi

Agustina, M. (2016). Perbandingan Model Vct Dan Model Moral Reasoning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dengan Memperhatikan Konsep Diri Siswa Pada Pembelajaran IPS. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56.

Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, siti sahara, Hasibuan, R., Simamora, siti suharni, & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199–210.

Astiti, N. K. A., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.

Febriyani, S., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Ha sil Belajar PPKn Kelas IV di SDN 1 Gelumbang. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 59–63.

Hasan, K., Israwaty, I., & Melindah, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pjbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kabupaten Mamasa. 2(3), 182–188.

Izthiana, I., Suarlin, & Makkasau, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Polewali Mandar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 2(5), 70–75.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 183–195.

Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49.

Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sukmawati, E., & Gunansyah, G. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar ips melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di Sekolah Dasar. JPGSD, 02(03), 1–12.

Syafrianti. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 467. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Theofilus, P. (2019). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pahala. Riksa Bahasa, 5(2), 215–222.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check