Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3665Kata Kunci:
Value Clarification Technique (VCT) CanvaHasil Belajar, PPKn.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran VCT berbantuan media Canva berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pekkabata di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 066 Pekkabata. Adapun sampel menggunakan Kelas V Sandeq, yang berfungsi sebagai kelas eksperimen, dan kelas V Andi Depu, yang berfungsi sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 52 orang. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk menentukan temuan penelitian. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar PPKn siswa. H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan Independent Sample T-test, yang menunjukkan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Model pembelajaran VCT berbantuan media canva berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 066 Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar sesuai dengan hasil penelitian.
Referensi
Agustina, M. (2016). Perbandingan Model Vct Dan Model Moral Reasoning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dengan Memperhatikan Konsep Diri Siswa Pada Pembelajaran IPS. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56.
Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, siti sahara, Hasibuan, R., Simamora, siti suharni, & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Astiti, N. K. A., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.
Febriyani, S., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV di SDN 1 Gelumbang. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 59–63.
Hasan, K., Israwaty, I., & Melindah, R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KABUPATEN MAMASA, 2(3), 182–188.
Izthiana, I., Suarlin, & Makkasau, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Polewali Mandar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 2(5), 70–75.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418–430. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 183–195.
Siswinarti, P. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERMEDIAKAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49.
Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN. Bandung: ALFABETA.
Sukmawati, E., & Gunansyah, G. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar ips melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di Sekolah Dasar. JPGSD, 02(03), 1–12.
Syafrianti. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 467. Diambil dari http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Theofilus, P. (2019). MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) Pahala. RIKSA BAHASA, 5(2), 215–222.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.