Analisis Pendekatan TaRL Pada Pembelajaran Matematika Materi Piktogram Kelas 2 Sekolah Dasar

Penulis

  • Selviana Vivi Nugraheni Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Evivalen Aris Kurnia Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3816

Abstrak

Pendidikan perlu memfasilitasi karakteristik pada peserta didik yang beragam. Pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik perlu disesuaikan dengan kebutuhan belajar pada setiap peserta didik. Dengan memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik, pembelajaran akan mampu menciptakan konsep bermakna bagi setiap individu. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan untuk mampu mencakup seluruh kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) menjadi pilihan solusi untuk pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TaRL pada kelas IIB SD Bukit Aksara mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas IIB SD Bukit Aksara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada mata pelajaran matematika yang meliputi pemetaan kebutuhan siswa terhadap materi piktogram, merancang dan melaksanakan rencana pembelajaran yang berbeda, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran, serta merancang perbaikan pembelajaran berkelanjutan, mampu menghasilkan perubahan hasil belajar dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Referensi

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran. LPPPI.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192.

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414–420.

Edizon & Zan, Aprina Maharani. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18939-18949.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444.

Hasanuddin, S. E. S. M. E., Chairunnisa, M. P., Winda Novianti, M. P. I., Syamsi Edi, S. P. M. P., Dr. Atiyah Suharti, M. P., Dr. Nur Chayati, N. M. K., I Putu Agus Dharma Hita, S. P. M. O. A., Saparuddin, M. P., Edi Purwanto, M. P. I., & Lila Pangestu Hadiningrum, M. P. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=GHCcEAAAQBAJ

Komalasari, M. D. (2023). Pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 27–32.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5.

Mangesthi, Veronika Priella., Setyawati, Rina Dwi., Miyono, Noor. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097-19104.

Muchson, M., Damayanti, S., Kusumaningtyas, D., Widayani, L. R., & Amelia, L. (2023). Perbandingan Hasil Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Asesmen Pada Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Sma Islam As-Syafi’ah Dan Sma Pomosda Nganjuk). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS), 7(1), 112–116.

Mustika Rahmayanti, S., Rahmantika Hadi, F., & Suryanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Menggunakan Pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914

Nugroho, agung wahyu, Puspita, V. P., & Fajar, W. N. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At the Right Level (TaRL) Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sdn 1 Pliken. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran: Cendekia, 2(3), 349–363

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2019). Pendidikan Sebagai Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21–26.

Rahmayanti, S. M., Hadi, F. R., & Suryanti, L. (2023). Penerapan model pembelajaran PBL menggunakan pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557.

Rakhmi, M. P., Utomo, A. P. Y., & Ghufron, W. (2023). Pemanfaatan Google Form dalam Asesmen Diagnostik di SMA Negeri 11 Semarang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 115–126.

Tarigan, J. E., & Siregar, H. T. (2022). Perbaikan Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Materi Jenis-Jenis Daun Di Kelas Iv Sd Negeri 068007 Medan Tuntungan. Jurnal Curere, 6(1), 77. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.720

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1–13.

WebsisForEdu. (2021). Pentingya Guru Kenali Karakteristik Siswa. Websis.Co.Id

Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448.

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241–250

Yusma Dewi., Henry Januar., Duwi Nuvitalia., Hartati. (2023) Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, https:// https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14162/10899

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check