Optimalisasi Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar Melalui Strategi Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.3993Kata Kunci:
Strategi Inovasi, Pembelajaran Seni RupaAbstrak
Strategi inovatif merupakan suatu pendekatan atau metode baru yang dirancang untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih efektif, kreatif, dan adaptif dibandingkan dengan metode konvensional. Dalam konteks pendidikan, strategi inovatif bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, membuat materi lebih menarik dan relevan, serta menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di era modern. Berkaitan dengan pembelajaran seni rupa di sekolah dasar, guru memerlukan strategi inovatif yang dapat meransang peserta didik mengikuti pembelajaran. Pembelajaran seni rupa di sekolah dasar memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan potensi peserta didik, mengembangkan kreativitas, keterampilan motorik halus, serta ekspresi diri peserta didik. Strategi inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran seni rupa meliputi; inovasi metode pembelajaran, inovasi media pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik, dan inovasi dalam pengelolaan kelas. Inovasi-inovasi tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran seni rupa di sekolah dasar.
Referensi
Alimuddin dan Hasnawati. (2016). Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Seni Rupa. Makassar: Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.
Al Yakin, A. (2019, July). Manajemen kelas di era industri 4.0. In Jurnal Peqguruang Conference Series (Vol. 1, No. 1, pp. 11-15).
Adi Prabowo Lintang Pramudya dan Okto Wijayanti. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Seni Rupa Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Sokaraja. 4, 639–652.
Arnita, A. (2017). Inovasi Metode dan Media dalam Pembelajaran Seni Di Sekolah. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 44–51. https://doi.org/10.29210/114800
Baro'ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.
Endang Tyasmaning. (2021). Implementasi Inovasi Pengelolaan Kelas Dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Sunan Kalijogo Jabung Malang. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 154–164. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i2.426
Fujiawati, F. S., Permana, R., & Mustika, G. (2020). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Model Project Based Learning (Pjbl) Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 5(1), 41–55.
Ganda, N. P. (2014). Pendekatan Dan Metode Pembelajaran Seni Rupa. JUR_PEND/ModulMGP, 1–34.
Gandhes Sembodro Budy. (2018). Strategi Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar Dalam Era Budaya Cyber. Seminar Nasional Seni Dan Desain, 2(1), 16–20.
Izzah, N. N., & Anggoro, B. K. (2024). Inovasi Pengelolaan Kelas: Strategi Meningkatkan Disiplin dan Keterlibatan Peserta didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 339–348. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p339-348
Jazuli, M. 2008. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Tari. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2571–2575. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3839
Rofian. (2016). 147505-ID-penerapan-metode-pembelajaran-demostrasi. 6, 173–181.
Shinta Agustira, R. R. (2024). MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. 5(2), 126–135.
Sobandi, B. (2016). Metode pembelajaran seni rupa. File.Upi.Edu, 0103516102, 1–20.