Pengembangan Modul Ajar PKn Kurikulum Merdeka di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4001Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) dengan model 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D, dengan 3 tahapan penelitian yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Peserta didik kelas V SD Inpres 28 Kabupaten sorong yang berjumlah 26 peserta didik menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk memperoleh hasil validasi dari validator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul ajar Pkn Kurikulum Merdeka kelas V dengan Unit pembelajaran 1 “Keteladanan dalam pancasila” Dengan tema Sejarah kelahiran pancasila dan para perumusnya” termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 100% berdasarkan data uji validitas oleh validator ahli media, dan ahli materi sehingga layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil uji kepraktisan modul ajar Pkn Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka kelas V dengan Unit pembelajaran 1 “Keteladanan dalam pancasila” Dengan tema Sejarah kelahiran pancasila dan para perumusnya” menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata persentase respon guru sebanyak 94,5% dan nilai rata-rata persentase respon peserta didik yaitu 91% hal ini menunjukan bahwa modul ajar Pkn Kurikulum Merdeka pada kelas V sangat praktis dan sangat valid.
Referensi
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Andi, P. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Anwar, M. F. N., & Ruminiati, R., & S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1291–1297.
Elias, M. J., Kranzler, A., Parker, S. J., Kash, V. M., & Weissberg, R. P. (2014). The complementary perspectives of social and emotional learning, moral education, and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896
Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Padang, vol. 16, no. 1.
Hamid, A., & Marzuki, M. (2018). Model Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 51-62.
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. PT Remaja Rosdakarya.
Juwandi, R., Fitriani, L., Ikhsani, T., Firdaus, M. R., & Nurmahdiah, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dalam Proses Pembelajaran Ppkn Sebagai Bentuk Pendalaman Materi UUD NRI 1945 di Kelas X SMAN 1 Pamarayan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 185–195.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kirschenbaum, H. (1995). 100 Ways To Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. ERIC.
Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Repository LPPM Unila, 10, 1–8. http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf
Nurdyansyah, & Mutala’liah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” JLEB: Journal of Law, Education and Business 03 (2): 172. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192.
Parmiti, D. P. (2014). Pengembangan Bahan Ajar. Singaraja: Undiksha.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Puspita, T., Djatmika, & Hasanah, R. (2016). Pembelajaran Tematik Integratif Sebagai Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPS, 1(10, 123-130).
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel. (Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10, 1–14.
Sari, W. P., & Montessori, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275-5279
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R & D). Alfabet.
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466
Wahyuni, Fitri. (2015). Kurikulum dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya, Vol. 10
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja