Pendidikan Multikultural (Kajian Histori)
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4012Abstrak
Pendidikan multikultural merupakan pendekatan pedagogis yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adil, dan menghargai keragaman budaya, agama, dan etnis. Dengan meningkatnya globalisasi dan interaksi antar budaya, pendidikan multikultural menjadi semakin relevan dalam mempersiapkan generasi muda untuk hidup dalam masyarakat yang beragam. Kajian ini mengulas perkembangan pendidikan multikultural dari masa klasik hingga modern di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa meskipun setiap negara memiliki pendekatan yang unik, prinsip dasar pendidikan multikultural adalah sama, penghargaan terhadap keberagaman dan komitmen untuk menciptakan kesetaraan dalam pendidikan. Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, pendidikan multikultural menawarkan peluang besar untuk membangun masyarakat yang lebih harmonis dan menghargai perbedaan. Studi ini memberikan wawasan tentang praktik-praktik terbaik dan tantangan dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural, serta pentingnya nilai-nilai kesetaraan, toleransi, dan inklusivitas dalam sistem pendidikan modern.
Referensi
Achmad Sauqi, N. n., 2008. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aly, A., 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Cet. I penyunt. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Banks, J. A., 1997. Multicultural education: Historical development, dimensions, and practice. Handbook of research on multicultural education (pp. 3-24). Jossey- Bass.. s.l.:s.n.
Gorski, P. C. I. J. A. B. &. C. A. M. B., 2010. The history of multicultural education. Multicultural education: Issues and perspectives (7th ed., pp. 3-29). s.l.:s.n.
Grillo, R., 2018. Transnational Migration and Multiculturalism Living with Difference in a Globalised World, Revised Pr., UK: Dept of Anthropology School of Global Studies University of Sussex.
Hanum, F., 2009. Wacana: Pendidikan Multikultural Dalam Pluralisme Bangsa, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Harto, K., 2012. Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Cet. I, 2012 penyunt. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mahfud, C., 2013. Pendidikan Multikultural. Cet. VI penyunt. Yogyakarta: :Pustaka Pelajar.
Mudzhar, t.th Tantangan Kontribusi Agama dalam Mewujudkan Multikultural di Indonesia dalam Harmoni. Jurnal Multikultural dan Multireligius, Issue vol.III. , p. 11.
Nieto, S. &. B. P., 2018. Affirming Diversity: The Sociopolitical Context of Multicultural Education. Pearson. Affirming Diversity: s.n.
Purwasito, A., 2015. Komunikasi Multikultural. Cet. I penyunt. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Raihani, 2016. Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.. Bandung: Alfabeta.
Suparlan, P., 2010. Pendidikan Multikultural di Indonesia: Tinjauan dari Masa ke Masa. , Jakarta: Universitas Indonesia.
Suroyo, d., 2024. Pendidikan Multikultural., Yogyakarta: PT Penamuda Media.
Tilaar, 2004. Multikulturalisme : Tantangan-Tantangan Global Masa Depan Transformasi Pendidikan Nasional. , Jakarta : Development Studies Foundation.
Truna, D. S., 2010. Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme: Telaah Kritis atas Muatan Pendidikan Multikulturalisme dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum di Indonesia. Cet. I penyunt. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Zaitun, 2016. Sosiologi Pendidikan, Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Zed, M., 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.