Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Moral di Sekolah Dasar

Penulis

  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Aris Munandar STKIP Andi Matappa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4014

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengembangan karakter melalui pendidikan moral di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah literatur review. Dengan menggunakan metode penelitian literatur review, diharapkan dapat diperoleh gambaran yang komprehensif mengenai implementasi pendidikan moral dan dampaknya terhadap pengembangan karakter siswa di sekolah dasar. Literatur yang digunakan terdiri dari buku, jurnal ilmiah, artikel, dan penelitian sebelumnya yang membahas topik ini. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber-sumber yang kredibel dan relevan melalui database akademik, perpustakaan, dan sumber online. Kriteria pemilihan sumber meliputi relevansi dengan topik penelitian, kualitas penelitian, dan kontribusi terhadap pemahaman tentang pendidikan moral dan pengembangan karakter. Peneliti juga mempertimbangkan tahun publikasi untuk memastikan bahwa informasi yang digunakan adalah yang paling mutakhir. Setelah mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah menganalisis dan menyintesis informasi yang diperoleh. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dari literatur yang telah dibaca. Peneliti juga membandingkan dan mengontraskan berbagai pandangan dan temuan dari sumber yang berbeda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengembangan karakter melalui pendidikan moral. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral yang diterapkan di sekolah dasar sangat penting dalam membentuk karakter siswa.

Biografi Penulis

Ahmad Yusuf, STKIP Andi Matappa

Dosen BK STKIP Andi Matappa

Referensi

Agung Prihatmojo, Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1).

Aiena Kamila. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, Volume 2, No. 5.

Aiman Faiz & Purwati. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education and Development, Vol.10 No.2.

Ajat Sudrajat dan Ari Wibowo. (2013). Pembentukan Karakter Terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 2.

Alifia Rosyida, Darsinah, Ernawati. (2023). Pembudayaan Pendidikan Moral pada Anak Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 01.

Azahra Dewanti Galuh, Delia Maharani, Latifah Meynawati, Dinie Anggraeni, Yayang Furi Furnamasari. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. Volume 5 Nomor 6.

Fianolita Purnaningtias, Nuril Aika, Lisanatul Fasihah, Moh. Salman Al farisi, Ahmad Sucipto, Zherin Mei Biana Putri. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral untuk Mengurangi Aksi Bully di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1.

Ilham & Hermansyah. (2023). Pendidikan Moral Anak Usia Sekolah Dasar dalam Perspektif Al-Gazali dan Implikasinya pada Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Kreatif Volume 21 Nomor 2.

Sylvia Primulawati Soetantyo. (2012). Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 14, Nomor 1.

Yandika Fefrian Rosmi. (2016). Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. WAHANA Volume 66, Nomor 1.

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check