Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Di UPTD SD 145 Barru

Penulis

  • M. Asri B Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4019

Kata Kunci:

Permainan Tradisonal Bakiak; Motorik Kasar; Peserta didik SD

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada kemampuan motorik kasar anak-anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan bakiak tradisional berdampak pada kemampuan motorik kasar anak-anak di UPTD SDN 145 Barru. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen deskriptif. Untuk mengumpulkan data, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Hasil analisis kemampuan motorik kasar anak sebelum diberikan perlakuan kegiatan permainan tradisional bakiak menunjukkan bahwa Dalam kategori BSB, dalam kategori BSH dalam kategori MB, serta dalam kategori BB. Setelah kegiatan permainan tradisional bakiak diberikan, kategori BSB, mencapai kategori BSH, kategori MB, dan kategori BB. Selanjutnya, teknik persentase dan uji t digunakan untuk mengelola data. Nilai thitung ≥ thitung, yang berarti lebih besar, menurut hasil perhitungan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga kemampuan motorik kasar anak dipengaruhi oleh aktivitas permainan tradisional bakiak.

Referensi

Abd.Mukhid. (2021). Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif.

Amina Datu, Rapi Us. Djuko, & Sri Wahyuningsi Laiya. (2023). Deskripsi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 164–179. https://doi.org/10.37411/sjece.v3i2.2647

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487

Ernawati, E., Hayatii, F., & Oktariana, R. (2021). Meningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola Basket Di Kelompok B2 Tk Islam Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–16.

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

Gemah, Kusuma, R., Ayu, N., & Sari, M. (2020). Permainan Tradisional Bakiak dalam Mengembangkan Sosial Anak di RA Muslihun 2 Palangka Raya. 50. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3232/

Hafidzullah, M. R., Sudarmanto, E., & Fatoni, M. (2024). Kemampuan menggiring bola ditinjau dari keseimbangan dan koordinasi mata kaki. Jurnal Porkes, 7(1), 511–523. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25491

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Ilmi Azizah, A. N. (2023). Melatih Kemampuan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Tahta Media, 4.

Indrayanti, N. (2021). Desain Interior Pusat Hidroterapi. Jurnal Vastukara, 1(2).

Indriani, D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1180–1187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5414%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/5414/3916

Kustiawan, A. A., & Aulia Enggarwati, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Online Terhadap Kecerdasan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 91–106. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6619

Mahmudah, U. (2020). Metode Statistika: Step by Step. May.

Ningsih, U., & Arzani, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok A .1 Melalui Permainan Tradisional Bakiak Di Tk ‘ Aisyiyah Bustanul Athfal Lekok. JR-PGSD: Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–34. https://jurnalrinjanipendidikan.com/index.php/JR-PAUD/article/view/35

Nurazzana, A., & Hartati, S. (2024). Pengaruh Media Tiktok Edukasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iqra ` Tunggul Hitam Padang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang. 8, 13901–13908.

Pratiwi, A. B., & Fuadah Z, A. (2020). Permainan Tradisional Egrang Dari Provinsi Banten Dan Pembentukan Karakter Menghargai Prestasi Peserta Didik Mi/Sd Di Indonesia. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.206

Purwanto, D., Agusniatih, A., Fitriana, F., & Fahrizal, F. (2023). Penerapan Permainan Tradisional Bakiak dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Al-Khairaat Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5052–5059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4922

Putri, A., Putri, A., & Hapsari, D. (2023). Pengaruh Modernisasi Terhadap Eksistensi Permainan Tradisional di Gempuran Permainan Modern Bagi Mahasiswa Teknik Lingkungan 2022. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 572–579. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/135%0Ahttps://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/viewFile/135/153

Setyaningsih, D., Sirjon, S., & Mamma, A. T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bakiak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7036–7044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2573

Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438–448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260

Sudaryanti, S., Prayitno, P., Arifiyanti, N., & Maharani, O. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.387

Sumual, I. F. F., Sularso, P., & Budiyono. (2020). Upaya Menumbuhkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Anak Usia Dini melalui Permainan Bakiak. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 117–124. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5922

Suryatman, T. H., Kosim, M. E., & Julaeha, S. (2020). Pengendalian Kualitas Produksi Roma Sandwich Menggunakan Metode Statistik Quality Control (Sqc) Dalam Upaya Menurunkan Reject Di Bagian Packing. Journal Industrial Manufacturing, 5(1), 1. https://doi.org/10.31000/jim.v5i1.2429

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116

Tryana, N., Inmaryanto, I., & Sari, M. (2022). Penggunaan Permainan Bakiak Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Kelompok B TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 37–51. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.131

Tunru, A. A., & Ilahi, R. (2022). Permainan Tradisional Dan Dampaknya Pada Peserta Didik Di Kota Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 7(2), 217–224.

Utari, E. R. R., Hariyanti, Lutfiah Aini, Wahyuni, & Khadijah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Engklek. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.208

Wahyu, A., & Rukiyati. (2022). Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109–120. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/51524

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.483

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check