Konsep Diri Matematis Mahasiswa: Tingkatan Kelas dan Latar Belakang Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4054Abstrak
Konsep diri matematis merupakan gambaran pengetahuan tentang kemampuan yang dimilikinya, yang dapat mempengaruhinya dalam mencapai prestasi baik dalam belajar dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri matematis mahasiswa ditinjau dari tingkatan kelas dan latar belakang sekolah. Matematika diajarkan pada mahasiswa hingga semester 4 maka populasi dalam penelitian ini mahasiswa tingkat I dan tingkat II sebanyak 401 orang dengan sampel 200 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala konsep diri matematis sebanyak 30 pernyataan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif menggunakan pendekatan kurva normal. Hasil penelitian menunjukkan rerata konsep diri matematis mahasiswa Tingkat I asal sekolah MA yaitu 74,71 kategori sedang, asal Ponpes diperoleh 74,52 kategori sedang, dan SMA diperoleh 75,56 kategori sedang, sedangkan mahasiswa tingkat II dengan asal sekolah MA diperoleh 74,88 kategori sedang, Ponpes diperoleh 74,42 kategori sedang, dan SMA diperoleh 75,43 kategori sedang. Jadi semua tingkatan kelas dan latar belakang sekolah mahasiswa disimpulkan konsep diri matematisnya pada kategori sedang.
Referensi
Aisyah, S., Abdul Hakim dan Erlis Warti. (2019). Hubungan Konsep Diri Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-5.
Arnasih, W. dan Kendra Hartaya. (2015). Hubungan antara Konsep Diri Matematika dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalwaru 03 Ciampea. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.4(2): 53-66.
Artha W. I.N. dan I Wayan Wiarta. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD, Vol.8(3): 421-431.
Astuti, L. S. dan Rezkiyana Hikmah. (2021). Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa SMP Swasta Tangerang. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. Vol.4(1): 24 – 34.
Astuti, L.,W. dan Heni Pujiastuti. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, Vol.9(2): 197-210.
Azwar, S. (2012). Tes prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Edi, E. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA. Vol.1(3):251-258.
Fatmawati, T., Indra Martha Rusmana dan Napis. (2021). Pengaruh Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII SMP Al-Islamiyah Cilincing, Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika: 243-248.
Herawati, M. (2017). Konsep Diri Guru Dapat Mempengaruhi Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Sawah 2 Ciputat. Research and Development Journal of Education. Vol.4 (1): 63-74.
Husni, K. (2018). Manajmeen Strategi Guru dalam Pembelajaran Ekonomi. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies. Vol. 1(1): 69-78.
Manurung, A. S. dan Abdul Halim. (2020). Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.5(2): 51-57.
Pramudinata, W. dan Indri A. (2017). Studi Penguasaan Matematika dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.7(1): 70-82.
Rasna., V. Ruslau, Maria F., dan Nuraini, Khumairoh, D. (2023). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Ditinjau dari Konsep Diri Akademik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). Vol.4 (1): 63-72.
Risdianto, H., Karnasih, I., dan Siregar, H. (2013). The Difference of Enhancement Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy SMA with MA Students IPS Program Through Guided Inquiry Learning Model Assisted Autograph Software in Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. Vol.6(1):89-108.
Sagala, S (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saputra, E., Wahyudin, dan Elah N. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 (1): 10-19.
Sumartini, T. N. (2018). Mengembangkan Self-Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Jurnal Pendidikan Matematika, vol.4 (2): 48-58.
Wulansari, M. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Mahasiswa Berlatar Belakang SMA dan Mahasiswa Berlatar Belakang MA Pondok Pesantren Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari Banjarmasin Tahun Akademik 2014/2015. Skripsi. IAIN Antasari Banjarmasin.