Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik kelas V

Penulis

  • Nurhikmah Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Nur Ilmi Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4068

Abstrak

Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti pada penelitian ini berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 laki-laki, 14 perempuan, dan 1 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran berada pada kategori cukup (C) dan aktivitas belajar peserta didik berada pada kategori aktivitas belajar aktif dengan persentase 78,4%. Adapun pada siklus II menunjukkan proses pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan aktivitas belajar peserta didik berada pada kategori aktivitas belajar sangat aktif dengan persentase 91,8%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan proses dan aktivitas belajar peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 62 Parepare.

Referensi

Aprilia, S., R, Z., & Fitriawan, D. (2022). Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1).

Ariani, dkk. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: Uhamka Press.

Chayati, S. N. (2019). Penerapan Metode Mind Map untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fauzan. (2019). Model Pembelajaran dalam Berbagai Pendekatan.Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara

Febrianto, dkk. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29).

Fiantika, F. R., dkk. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Halik, A., Ilmi, N., & Saputri, A. I. (2023). Penerapan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV UPTD SPf SD Negeri 3 Lemba Soppeng. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 111.

Hutasuhut, Winna Oria. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), vol 2(4).

Istiqomah, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Sidoharjo Pringsewu. Skripsi. Lampung: Universitas Raden Intan Lampung.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Novakhta, V. S. dkk. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN POLISI 1 Kota Bogor. Jurnal Ilmiah 1(2).

Pane, R. M. (2022). Pendekatan Strategi Mind Mapping dalam Pelajaran Sejarah Perkembangan Demokrasi Indonesia. Education & Learning, 2(1), 16–21.

Qamarya, N., dkk. (2023). Model Pembelajaran. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SD. El Midad, 12(2).

Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Indonesia Performance Journal,4(5).

Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis & Praktis) Mataram: Sanabil.

Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check