Analisis Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Program Pembiasaan Pada Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Rahmah Kumullah STKIP Andi Matappa, Indonesia, Indonesia
  • Amrullah Mahmud STKIP Andi Matappa, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4135

Kata Kunci:

Program Pembiasaan; Kurikulum Merdeka; Kemandirian Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemandirian belajar siswa; (2) menganalisis implementasi program pembiasaan dalam menanamkan kemandirian belajar pada kurikulum merdeka; (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas tinggi di SDN 180 Sikkojang yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh (1) terkait dengan indikator kemandirian belajar yaitu a) rasa percaya diri yaitu 63.1%; b) keefektifan dalam Belajar yaitu 66.1%; c) kedisiplinan dalam belajar yaitu 68.7%, d) Tanggung jawab yaitu 75.9%. (2) implementasi program-program pembiasaan pada kurikulum merdeka yaitu a) pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran; b) pembiasaan mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu; c) pembiasaan literasi al-quran; d) literasi 30 menit sebelum proses belajar mengajar; dan e) pembiasaan menyusun refleksi pembelajaran melalui jurnal harian. (3) kemandirian belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu eksternal dan internal.

Biografi Penulis

Rahmah Kumullah, STKIP Andi Matappa, Indonesia

Academic Profile :

Google Scholar

Sinta Id

Referensi

Andrila, D., Dewi S, F., Anwar, S., & Montessori, M. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Blended Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 13 (1), 88-95. https://doi.org/10.24176/re.v13i1.7398

Bagus, P.S. (2021). Studi Literatur Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 5 (2). 71-78. http://dx.doi.org/10.36928/jipd.v5i2.733

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Denansa, F. A., Trisiana, A., Widyaningrum, R. (2023). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Program Pembiasaan dan Keteladanan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. 7 (1), 77-97. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.167

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE Saat Pandemi Covid-19. Foundasia. 12 (1), 1-8. http://dx.doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Gantini, H., & Fauziati. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda. 3 (2), 145-152.

Gibbons, M. (2002). The self-directed learning handbook: Challenging adolescent students to excel. San Francisco: Jossey-Bass.

Hidayati, T. (2019). Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Baru di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kirkman, S., Coughlin, K., & Kromrey, J. (2007). Correlates of satisfaction and success in self-directed learning: relationships with school experience, course format, and internet use. International Journal of Self-Directed Learning. 4 (1): 39-5

Lickona, T. (2004). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 13 (1), 22-30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662

Rahayu, N. (2020). Kemandirian Belajar: Konsep dan Penerapannya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ritonga, S. (2021). Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluarga. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (2). 131-141.

Sofia, E. M., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9 (2), 931-937. http://dx.doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820

Sulistiarini, T., Marmoah, S., Sriyanto, M, I. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Didaktika Dwija Indria. 11 (2), 1-5. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.75561

Umrotul Hasanah. (2019). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Widyaningrum, R. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Widyaningrum, R., Prihastari, E.B., & Ifa H.R. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Masa Pendemi Covid-19. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 7 (2), 164-172. https://doi.org/10.30653/003.202172.178

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41 (2), 64-70.

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check