Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Murid Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.740Kata Kunci:
Effectiveness, Educational facilities, Teaching and learning process.Abstrak
Referensi
Abimanyu, S., Daruma, A. R., dan La Sulo, S. L. 2010. Psikologi Pendidikan. Makassar: FIP UNM.
Asyirint, Gustaf. 2010. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.
Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Djamarah, S. B. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74-79. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 251-260.
Marheni, N. L. G., Sujana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Nana, S., & Ahmad, R. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo.
Nasution, S. 2004. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Setiyanti, S. W. (2012). Membangun kerja sama tim (kelompok). JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 4(3), 59-65.
Simarmata, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(1).
Soehartono, I. (2011). Metode Penelitian Sosial: Suatu teknik penelitian bidang kesejahteraan sosial dan ilmu sosial lainnya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten). Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209662.
Susilo. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Thursan hakim. 2011. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara