Analisis Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Katrina Damayanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitroh Setyo Putro Pribowo Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.790

Kata Kunci:

Narrative Writing Skills, Learning Model Course Review Horay

Abstrak

The purpose of this study was to analyze whether student learning outcomes in writing narrative in elementary school could be improved through the course review horay learning model. This research uses qualitative research with literature study method. Sources of data used in this study are books and journals related to writing skills using the course review horay learning model. Based on searches on Google Scholar, 10 journals were found that have been selected, the course review horay learning model can improve student learning outcomes. The course review horay learning model can not only improve the results of writing practice, but students can also understand the concept of writing skills properly and correctly because the concept of the material to be discussed can be studied in a directed manner.

Biografi Penulis

Katrina Damayanti, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Lilik Binti Mirnawati, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fitroh Setyo Putro Pribowo, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Astuti. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) . Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2.

Aksiwin, (2014). Implementasi metode pembelajaran course review horay untuk meningktakan aktivitas dan hasil belajar jurnal penyusaian.Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia.36-47.

Ashin, M. N. (2016). Peningkatan Keteramilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dan Metode Quantum Learning. Jurnal Refleksi Edukatika, 160.

Azmussya’ni, (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra . Jurnal Prima Edukasia,2.

Penerapan Metode Course Review Horay Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Perancis :Penelitian Pra-Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X Sma Sandhy Putra T.A 2013/2014. Repository, 2.

Hajizah, (2016). Pengaruh Model Scramble Horay (Scramble Dan Course Review Horay) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP 2 Jakarta. Repository.2.

Harsini, (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pokok membaca dan menulis bilangan 1 sampai 20 melalui model course review horay di kelas 1 semester SD negeri pagebarang 03 kecematan pagebarang kabupaten tegal. Dialetika P. Matematika.

Jatiyasa, (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun pelajaran 2019/2020 . Jurnal Lampuhyang , 10.

Laili, (2019) Pengaruh Model Course Revie Horay Bantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa.Institutional Repository.3.

Shoimin, A. (207). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum203. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Susanti, (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Joyful Learning Journal,26-36.

Sofiah. (2020). Analisis Karakteristik SAINS Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4.

Hasana, (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Pembelajaran Menulis Slogan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tanggungharjo Kabupaten. Repository.2.

Wida, (2017). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (Pengarahan, Pengulasan, Hore) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita : Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas X SMAN 1 Majalaya Tahun Ajaran 2016/2017 . Repository. 2.

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles