Pengembangan Media Permainan Tradisional Engklek ‘Opersia’ Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V

Penulis

  • Yosi Tri Ardiyani Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.842

Kata Kunci:

Traditional engklek game, Human Digestive Organs, Healthy food.

Abstrak

This study aims to determine the feasibility of developing a traditional engklek 'opersia' game with the theme of healthy food. The type of research used by the researcher is research and development. The data analysis technique used is descriptive qualitative. The instruments used are media validation assessment questionnaires, material validation, initial field trials. Data collection was obtained from the results of the media validation assessment and, material validation, initial field trials at SD Negeri 03 Majalang. The results of the first stage of media expert validation obtained an average validity of 86%, the second stage obtained an average validity value of 96% with a very feasible category. Material validation in the first stage obtained an average validity of 86.7%, the second stage obtained an average validity of 92.2% with the criteria very suitable to be used. In the initial field trial, the opera engklek media got a teacher response with media and material validation of 92% and 94.4%, respectively. In conclusion, the Opera Engklek media that has been developed is very valid and suitable for use in student learning at the fifth grade teacher of SD Negeri 03 Majalgu.

Biografi Penulis

Yosi Tri Ardiyani, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas PGRI Semarang

Kiswoyo Kiswoyo, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas PGRI Semarang

Asep Ardiyanto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ardiyanto, Asep. 2019. Permainan tradisional sebagai wujud penanaman nilai karakter anak usia dini. jurnal. Diakses pada tanggal 10 September 2019 pukul 14:00 WIB.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Jannah, siti nur. 2017. Pengembangan media engklek tematik tema cita-citaku sebagai pendukung kompetensi berimbang pada siswa kelas IV SD Negeri desa Raci kec. Batangan kab. Pati. Skripsi

Kustandi. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nissa, Alvy Khoirun, dkk. 2019. keefektifan permainan tradisional engklek terhadap keaktifan belajar PPKn siswa kelas III SD Negeri 1 Karangmulyo Kendal. Jurnal. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2019 pukul 20.00 WIB.

Nugraha, Hafizah Sri. dkk. Kelayakan media permainan engklek sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan makanan. Jurnal. Diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 12.20 WIB.

Putra, Nusa. 2015. Research & Developmenth. Jakarta: Rajawali Putra.

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saputro, Rujianto Eko, dkk. 2014 Pengembangan media pembelajaran mengenal organ pencernaan manusia menggunakan teknologi Augmented Reality. Jurnal. Diakses pada tanggal 10 Desember 2019 pukul 01:40 WIB.

Sadiman dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Tema 7 Cita-citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Tema 7 Cita-citaku Buku.

Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV.

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Yusuf, Syamsu L.N. & Sugandhi M. Nani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles