Karakter Religius Melalui Pendidikan Seni Dalam Ekstrakurikuler Rebana SDN Batu 1
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.879Kata Kunci:
Art education, Extracurricular rebana, Religious character.Abstrak
Referensi
Anwar, Sudirman. 2015. Management of Student Development. Riau: Yayasan Indragiri.
Arrosyid, Ubaidillah Usman. 2020. “Kesenian Hadrah Ishari Sebagai Media Peningkatan Karakter Religius dan Didiplin Anak di Lingkungan Masjid Baitul Musholin Desa Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogoâ€. Skripsi S-1 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Kaslan. 2019. “Seni Rebana dan Nilai-Nilai Islam di Desa Sinar Palembang Lampung Selatanlâ€. Skripsi S-1 Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Kurniawan, Reza. 2017. “Pembelajaran Ekstrakurikuler Marching Band di SMA NU Al Ma’Ruf Kudusâ€. Skripsi S-1 Universitas Negeri Semarang.Kusuma, Abi. 2018. “Manajemen Kesenian Rebana SMP N 14 Semarangâ€. Skripsi S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Walisongo.
Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Murodi. 2016. Sejarah Kebudayaan Islam. Semarang: PT Karya Toha Putra.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurwijayanto, Indra. 2018. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Dalam Seni Hadrah di MTS Negeri 04 Gunungkidulâ€. Skripsi S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Pamadhi, Hadjar dkk. 2019. Pendidikan Seni di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Purnama, Herwulan Irine. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi Dasar. Pontianak: Yudha English Gallery.
Purwanto, Setyoadi. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rianawati. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran. Pontianak: IAIN Pontianak Press
Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.
Sholikin, Nur. 2014. “Seni Rebana Modern Sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Grup Rebana El Nurfa di Pondok Pesantren Nurul Falah, Penggaron, Semarangâ€. Skripsi S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Walisongo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi, dkk. 1993. Peralatan Hiburan dan Kesenian Tradisional Daerah Kalimantan Timur. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003, Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Wijanarko, Sri Oktanto Arif. 2019. “Analisis Pelaksanaan Ektrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SDN Tlogosari Kulon 03 Semarangâ€. Skripsi S-1 Universitas PGRI Semarang.
Wirya, Mus K. 1995. Bermain Rebana. Jakarta: Grasindo.
Zayadi. 2011. Desain Pendidikan Karaker. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.