Analisis Integrasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Authors

  • Rahmad Widhianto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mohammad Aniq Khairul Basyar Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1162

Keywords:

Character Strengthening Education, Thematic Book.

Abstract

Character strengthening education in curriculum 2013 integrated to all of formal education aspects in Indonesia, the one of it is student thematic book that used as learning media in the school. The purpose that to be achieved in this research is the writer want to know the value integration of character strengthening education in the student thematic book grade 3 theme 4 "Kewajiban dan hakku". The methodology of this research is qualitative research. The analysis techniques of the research are data collection, data reduction, data presentation and conclusion/verification. The result of the research is based on observation and documentation at student thematic book grade 3 theme "kewajiban dan hakku", which is observed carefully and continuously. From the result of the research, the writer can tell that the values load of character strengthening education is integrated to all of subtheme however with different development according to each subtheme focus.

Author Biographies

Rahmad Widhianto, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Mohammad Aniq Khairul Basyar, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Asep Ardiyanto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Riz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Undang-undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Jakarta: Departemen P dan K.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kemendikbud. 2018. Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masyhud, M. S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rentarimasa, Eirzikri. 2015. “Nilai Pendidikan dalam Folklor Cerita Rakyat Sumbawa Paruma Ero dan Batu Asa serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi. Mataram. Universitas Mataram.

Republik Indonesia, Presiden. 2017. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Latifah, Nur dan Lina Permatasari. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Tematik Siswa SD KELAS IV Kurikulum 2013. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE. Diakses 28 April 2021

Ngainiyah, Ika Wasilatul.2015. “Analisis Buku Ajar Kelas I SD/MI Tema Diriku dalam Konsep 2013â€. Skripsi. Purwokerto. IAIN Purwokerto

Danawati, Murtyas Galuh, Belinda Dewi Regina, Innany Mukhlishina. 2020. Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles

Citation Check