Analisis Peran Orangtua Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jepara
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1428Keywords:
The Role of Parents, Learning Companions, Covid 19 pandemicAbstract
References
Asmuni. 2020. Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan volume 7 (4), 281-288.
Cahyati, Nika - Kusumah, Rita. 2020. Peran orangtua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19. Jurnal golden age volume 4 (1), 152-159.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola asuh orangtua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Indonesia. UU No.15 2020. Surat edaran Kemendikbud tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19. Jakarta: Sekertariat Negara.
Kurniawan, Machful Indra. 2015. Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Journal Pedagogia volume 4 (1), 41-43.
Lilawati, Agustien. 2021. Peran orangtua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini volume 5 (1), 549-558.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurpratiwiningsih, Laelia - Yuliyanti, Novi - Kurniawan, Prasetyo Yuli. 2021. Sosialisasi pendampingan orangtua terhadap proses belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS volume 1 (2), 31-36.
Ruli, Efrianus. 2020. Tugas dan peran orangtua dalam mendidik anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 143-146.
Setyorini, In. 2020. Pandemi Covid-19 dan Online Learning apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 13. Jiemar: Journal of Industrial Engineering & Management Research volume 1 (1), 95-102.
Siahaan, Matdio. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal kajian ilmiah volume 5 (1), 1-6.
Siregar, Eveline - Nara, Hartini. 2014. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Yulianingsih, Wiwin - Suhanadji - Nugroho, Rivo - Mustakim. 2021. Keterlibatan orangtua dalam
pendampingan belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini volume 5 (2), 1138-1150.