Analisis Hasil Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri Trangkil 01 Pati
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1620Keywords:
Interactive Multimedia, Mathematics Learning Outcomes, Online Learning.Abstract
The purpose of this study was to analyze the learning outcomes of interactive multimedia-based mathematics through online learning. This type of research is phenomenological qualitative research, starting from paying attention and examining the focus of the phenomenon to be studied, looking at various subjective aspects of object behavior. Then carry out data mining by interviewing the object or informant and making direct observations. The research method used is descriptive. The results of the Mathematics Learning Analysis from practice questions about data collection and presentation materials using Interactive Multimedia in Online Learning at SD Negeri Trangkil 01 Pati showed that it had been carried out well and achieved an increase of 2%, initially the practice of learning questions 1 had an average value of 90 with very good criteria. In the practice of learning questions 2 the average value is 92.7 with very good criteria. The results of the questionnaire or questionnaire analysis of mathematics learning outcomes in online learning for fifth grade students at SDN Trangkil 01 Pati, there were 29 respondents who were filled out by students. By using interactive multimedia based on videos from YouTube, students become easy and fun in online learning.
References
Arifin Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ekayani Ni Luh Putu. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.
Firmansyah Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Jurnal Pendidikan Unsika, 3 (1).
Hakim Arif Rahman Husen Windayana. 2018 Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. PGSD UPI Kampus Cibiru.
Husein Sadam, Lovy Herayanti, Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I (3).
Irawan Ari, Chatarina Febriyanti. 2016. Efektifitas Mathmagic Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6 (1), 85-92.
Istiqlal Muhammad. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1), 43-54.
Kesumawati Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2-229.
Kurniawati Inung Diah dan Sekreningsih Nita. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1 (2), 68-75.
Lestari Indah. 2015. Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3 (2): 115-125.
Muakhirin Binti (2014) “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SDâ€. Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€, 01/Tahun XVIII.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics. Al asma: Journal of Islamic Education,2 (1).
Nasution Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1, 2).
Novitasari Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2 (2).
Nurhasanah Siti, A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1), 128-135.
Paseleng Mila C. dan Rizki Arfiyani.2015. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar†Scholaria, 5 (2), 131-149.
Putrayasa I Made, H. Syahruddin, I Gede Margunayasa. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswaâ€. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).
Putria Hilna, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-872.
Rigianti Henry Aditia. 2020. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Elementary School 7(2), 297-302.
Riskey Oktavian, Riantina Fitra Aldya.2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2).
Sabirin Muhammad 2014. Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 01(2), 33-44.
Sari Annisa Citra. 2013. Matematika (Kurikulum 2013). Cucukan RT 02 RW 04, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo. CV Hasan Pratama.
Setiyono, Arifin Muslim, Sony Irianto. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 1 Sidareja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V (01).
Soegeng, A.Y. 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.
Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1).
Syarifudin Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1).
Wahyuningtyas Rizki, Bambang Suteng Sulasmono. 2020. Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 23-27.