Penggunaan Media Audio Visual di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V di SD Inpres Tello Baru 1/1

Authors

  • Ira Irviana Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Amrullah Mahmud STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1672

Keywords:

Audio Visual Media, Covid-19, Science Learning.

Abstract

The purpose of this study is to describe how instructors and students used audio-visual media during the COVID-19 pandemic in terms of planning, implementation, evaluation, and aspects linked to the use of audio-visual media in science courses for class V at SD Inpres Tello Baru 1/ 1. This study employs qualitative research methods such as observation, interviews, and documentation to acquire data. The findings revealed that the teacher's usage of audio-visual media for planning included preparing the syllabus, lesson plans, creating learning materials in the form of learning videos, preparing audio-visual media instruments in the form of laptops or smartphones, and using the Whatsapp application. In terms of teacher implementation, the teacher inquires about students' well-being, requests that students pray before learning, attends to students, communicates learning objectives, sends material via Whatsapp, communicates material via video, and requests that students comprehend the material on the video. In terms of assessment, the teacher completes the learning materials, returns the evaluation task, and assigns homework.

Author Biographies

Ira Irviana, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD Universitas Islam Makassar

Amrullah Mahmud, STKIP Andi Matappa

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

References

Agus Sumantri, dkk. 2020. Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Aminatuz Zuhriyyah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card IPA pada Anak TunaRungu Kelas VII SMPLB. Lampung: FTK Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Elfachmi Kuneifi Amin. 2016. “Pengantar Pendidikanâ€. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Erni Trisnawati dan Kurniawati Sule. 2017. Pengantar Manajemen. Bandung: PT Kencana Prenada.

H. Karwono dan Mularsih Heni. 2017. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN SERTA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kumala Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide

Latjuba Sofyana,. 2019. “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatshap pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiunâ€, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 08 No. 1. Madiun: Teknik Informatika Universitas PGRI 2019.

Maryamah Effendy Hafid MOH. Juli 2019. “Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat Pada Siswa Kelas XI Ma Al Falah Tianakan Pamekasanâ€. Vol. 1 No. 1.

Mastura Emi. 2019. Skripsi: “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Flash Card Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Meningkatkan Kualitas Pembelajaranâ€. Jurnal Pendidikan, Edisi 65 April. Medan: Universitas Dharmawangsa.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pelajaran IPA Kelas V SD INPRES PAI I Kota Makassarâ€. Makassar: Universitas Islam Makassar.

Pribadi A. Benny. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Balebat Dedikasi Prima.

Purwono Joni. April 2014. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitanâ€. Vol.2, No. 2.

Rahardjo Adisasmita. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.

Ramli Muhammad. 2012. Media dan Teknologi PembelajaranBanjarmasin: PT IAIN Antasari Press.

Rizqon Halal Syah Aji. 2020. “Dampak Covid pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaranâ€, Jurnal Budaya Sosial dan Syar’I, Vol. 07 No. 05. Jakarta: FHS UIN Syarif Hidayatullah.

S. Margono. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadikin Ali, dan Hamidah Afreni. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologiâ€, Vol. 6. No. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Santoso Haryadi Didik. 2020. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sidiq Umar dan Choiri Miftachul Moh. 2019. METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiyono, Metode Penelitian Evaluasi. 2018. Bandung: Alfabeta.

Susanto Heri dan Akmal Hemi. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Talizaro Tafano. Juli 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswaâ€. Vol.2 No.2.

UIM. 2020. Panduan Karya Tulis Ilmiah: UIM.

Wana Sanjaya. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media.

Widyoko Putro Eko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wordpres.com/2011/07//03/definisi-belajar.

Yauimi Muhammad. 2018. MEDIA & TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Yusuf Muri A. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zainal Aqib dan Ahmad Amrullah. 2019. Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Referensi.

Zainal Arifin, 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles

Citation Check