Analisis Kesulitan Belajar Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Peserta Didik Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i4.2412Keywords:
Learning Difficulties, Student, Theme.Abstract
Learning difficulties are an obstacle in one or more of the psychological processes which include understanding and using language, terms and writing. This study aims to analyze the difficulties of learning mathematics, the integration of science and Indonesian as well as to identify the factors of learning difficulties in mathematics, integration of science and Indonesian. Theme 1 is the growth and development of living things. In this study using a qualitative approach, and getting the results that students who have difficulty with mathematics, science and Indonesian integration are due to not understanding the method of counting, not being able to memorize and understand the material, being less thorough and having difficulty determining what is asked in the text. story telling.. The main factors that affect students' learning difficulties are not liking the material, feeling bored easily during learning and students who do not study the material first before solving the problem.
References
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Amaliyah, Marisa, dkk. 2021. "Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja." Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Vol.4.No.1
Cahyanti, Ni Putu Vivin C. P. Dkk. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurusâ€. Dalam jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, Vol. 12 No. 1
Damayanti, Aldona dkk. 2022 “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah Di SD Negeri 17 Banyuasin III†dalam jurnal ilmu pendidikan, Vol. 2 No. 1
Haqiqi, A. K. 2018. “Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarangâ€. Dalam jurnal Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, Vol. 6 No. 1
Hastuti, Prihmukti. S.D. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V dalam Pemecahan Masalah Matematika Operasi Hitung Pecahan SD Negeri Sedangki Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati†SKRIPSI. Semarang : PGSD: UPGRIS
Jayanti, Indriani dkk. 2020. “Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar’ dalam jurnal pendidikan Vol. 01 No. 01
Moleong. J.Lexy. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatifâ€. Bandung : PT. Bandung Rosdakarya
Nurussafa, Fitri Andika. Dkk. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma dengan FONG’S SHCEMTIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa ( Studi Kasus Siswa Kelas III Semester II SMP IT IBNU ABBAS Klaten Tahun Ajaran 2013/2014)â€. Dalam jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 4, No. 2
Prianto, A., & Putri, T. H. 2017. “Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamonganâ€. Dalam jurnal JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), Vol. 1 No. 2
Purwanti, Siwi. 2018 "Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor." Proceeding of The URECOL , 58-67
Rukina, Putri Novianti & Syaifullah Nur. 2022. “Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19â€. Dalam jurnal Jurnal J-BKPI, Vol. 02 No. 01.
Sugiyono. 2016. “ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
Urbayatun, Siti. Dkk. 2019. “Kesulitan belajar & gangguan psikologis ringan pada anak : implementasi pada anak usia sekolah dasarâ€. Yogyakarta : K-Media