Efektivitas Pembelajaran Paikem Card Sort Terhadap Hasil Belajar Kelas IV SD Negeri Betokan 1
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2652Keywords:
Activity, Learning outcomes, PAIKEM tipe Card Sort.Abstract
The background that underlies this research is the low learning outcomes of IV Thematic Theme 8 learning at SD Negeri Betokan 1 Demak. This is because the teacher in teaching still uses the lecture method so that students are bored to follow the lesson. The purpose of this study was to determine the use of the PAIKEM learning model type Card Sort Effectively on student learning outcomes in thematic learning Class IV Theme 8 The Area Where I Live, SD Negeri Betokan 1 Demak. This research uses quantitative research, the research design used is Pre Experimental Design, while the Pre Experimental Design design used is One-Group Pretest-Posttest Design. The results of the final analysis that was carried out using the t-test showed the results of tcount > ttable, namely 4.858 > 2.080. Then for the mastery of learning the Classical Posttest, the results obtained were 77.27%. So the conclusion is that H0 is rejected and Ha is accepted so that it shows that the Card Sort type PAIKEM learning model is effective for thematic learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Betokan 1 Demak.
References
Ahmad, Farhah Khoiriah. 2014. “Efektivitas Pendekatan Quantum Learning Tipe Card sort Untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa arab Siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Semarang: UNNES.
Anggayuni, W., Marli, S., & Utami, S. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran tipe card sort terhadap pemerolehan belajar ilmu pengetahuan sosial di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Athiyah, Fiyya Izzatul, Yulia Pramusinta dan Minahul mubin. 2020. Pengaruh Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas III Tahun 2020. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/sawabiq/article/view/410. Diakses 24 Februari 2021
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Elisa, Khairun. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Melalui Strategi Card Sort Di Kelas Iv Mis Mutiara Sunggal Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. (diunduh Tanggal 19 Februari 2021)
Habibah, Umi. 2012. “Penerapan Model PAIKEM Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012â€. Skripsi. Semarang: UNNES
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumata. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarya. Bogor: Galiya Indonesia
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pilkem Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handayani, H.R., Alimah, S., Retnoningsih, A. 2016. Pengaruh Strategi Brain Based Learning pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education. 5(2):171-179.
Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Perkembangan Fisik dan Karakteristiknya serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar. Madaniyah, 9(2), 217-236.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Marinta, F. D., Khutobah, K., & Marjono, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Bidang Studi Ips Pada Pokok Bahasan Jenis Dan Persebaran Sda Serta Pemanfaatannya Di Sdn Tempursari 01 tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 44-47.
Puspita, L., Yetri, Novianti, R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Metakognisi dan Afektif pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8(1) 2017: 78-90.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19.
Safitri, M., Rapani, R., & Ambarita, A. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional