PENGARUH PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID SD KARTIKA XX-I
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.281Keywords:
penerapan metode edutainment, hasil belajar IPSAbstract
Metode Edutainment dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran penerapan metode edutainment dalam pembelajaran pada murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, mengetahui gambaran hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, menganalisis pengaruh penerapan metode edutainment dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu true experiment design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 40 orang yang diperoleh melaui teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan jenis teknik yaitu Two-Stage Random Sampling. Teknik analisis data hasil pada penelitian ini menggunakan 2 jenis statistik yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan metode edutainment dalam pembelajaran oleh guru menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dari pertemuan I sampai dengan pertemuan IV secara umum berada pada kategori baik, (ii) rata-rata hasil tes belajar IPS pada kedua kelompok sebelum perlakuan berada pada kategori kurang dan rata-rata hasil tes belajar IPS setelah perlakuan yaitu kelompok eksperimen berada pada kategori baik (77,50) dan kelompok kontrol berada pada kategori kurang (45,78), (iii) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara sebelum dan sesudah menerapkan metode edutainment dalam pembelajaran.
References
Alma, Buchari., dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Anderson, Lorin W dan Krathwohl, David R. 2014. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Andriono, dkk. 2006. Sukses Melejitkan Potensi Anak Didik. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Anikina, Oksana V and Yakimenko, Elena V. 2014. Edutainment as a modern technology of education. Russia: National Research Tomsk Polytechnic University.
Anitah W, Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Asape, Nuralim. 2001. Konsep Dasar Ekonomi dalam Mata Pelajaran IPS. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah: BPG Ujung Pandang.
Asfandiyar, Andi Yudha. 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif?. Bandung: DAR! Mizan.
Beetlestone, Florence. 2013. Creative Learning. Bandung:Nusamedia.
Chan Sherman, 2007. Edutainment. (http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Edutainment, diakses 30 April 2016).
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia; Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta
DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2009. Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Dewantara, Ki Hajar. 1977. Pendidikan; Bagian Pertama. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dewey, John. 2002. Pengalaman dan Pendidikan. Yogyakarta: Kepel Press.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2007. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.
Fahreena. Tanpa Tahun. Edutainment. (https://fahreena.wordpress.com/artikel/edutainment/, diakses 29 April 2016).
Freire, Paulo. 2013. Pendidikan Kaum Tertindas (Pedagody of The Oppressed). Jakarta: LP3ES.
Ghufron, Nur M & Risnawati, Rini. 2010. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Given, Barabara K. 2007. Brain-Based Teaching. Bandung: Kaifa.
Goleman, Daniel. 1996. Emotional Intelegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, Soleh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.
Hergenhan, B.R. dan Olson, Matthew H. 2008. Theories Of Learning. Jakarta: Kencana.
Huiyang, Lei and Jianfeng, Ren. 2011. Review of Edutainment and Flash in the Field of Educational. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 1, No. 4, October 2011.
Hurlock, Elizabeth B. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Erlangga.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jensen, Eric. 2008. Brain-Based Learning Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Magic, Win Com. Tanpa tahun. Apa itu edutainment. (http://www.wincompmagic.com/apa-itu-edutainment/, diakses 30 April 2016).
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Muhadjir, Noeng. 2011. Psikologi Perkembangan Karakter. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Muhammad, As’adi. 2010. Miliaran Keluarbiasaan Otak Kita. Jogjakarta: FlashBooks.
Olson, Matthew H dan Hergenhahn, B. R. 2008. Theories of Learning (Edisi Ketujuh). Jakarta: Kencana.
Omrod, E Jeanne. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Pangastuti, Ratna. 2014. Edutainment PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prashing, Barbara. 2007. The Power of Learning Style. Bandung: Kaifa.
Purwanto, Setyoadi. 2014. Menggali Prinsip Edutainment dalam Teori Quantum Learning. (http://adikitana.com/article/150504/prinsip-edutainment.html, diakses, 30 April 2016).
Rachmah, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2010. Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak. Bandung: Kaifa.
Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’buritta. No. X. Tahun IV. September
Sadono, Tri. 2013. Taksonomi-Taksonomi Pembelajaran. (http://trigurumetri.blogspot.com/2013/08/taksonomi-taksonomi-pembelajaran.html, diakses 29 April 2016)
Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Setiadi, Andi. 2014. Rahasia Cara Belajar Einstein. Jogjakarta:Diva Press.
Silberman. Mel. 2001. Active Learning; 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.
Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Persfektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoyibah, Nura’inun dkk. 2015. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Edutainment. Bandung: Antologi UPI Volume Edisi No. Juni.
Wade, Carole & Tavris, Carol. 2007. Psikologi Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Winataputra, Udin S, dkk. 2011. Pembaruan dalam Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Yamin, Martinis. 2012. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Referensi.