PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 MAJANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.327Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Word Square, Hasil Belajar IPSAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus terdiri atas  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square dan hasil belajar IPS. Setting penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yang aktif pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian dengan tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan, baik pada aktivitas guru maupun siswa serta hasil belajar dalam mata pelajaran IPS dari siklus I dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi Baik (B) di siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2013. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sinring, Abdullah dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2012. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitstif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
------, 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tampubolon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.