PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ENERGI PANAS MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN 341 BATAHAN MANDAILING NATAL

Authors

  • Novri Yaldi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Amrullah Mahmud STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.462

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Energi dan Panas, Keterampilan Proses

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi energi panas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan proses pembelajaran guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Untuk membuat perencanaan pembelajaran energi panas dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses peneliti mengikuti langkah-langkah pendekatan keterampilan proses dan menggunakan alat, media, metode pembelajaran untuk menciptakan aktifitas belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanan pembelajaran energi panas harus berdasarkan pada perencanaan pembelajaran yang disusun dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Penggunaan pedekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada siklus II lebih tinggi dari pada hasil belajar siklus I yaitu 7,2 meningkat menjadi 8,2. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru kelas dapat melaksanakan model keterampilan proses dalam pembelajaran IPA materi energi panas siswa.

Author Biographies

Novri Yaldi, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Dosen PGSD Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Amrullah Mahmud, STKIP Andi Matappa

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Azhar Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional

Depdikbud. 1997.Didaktik/Metodik Umum. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2004. Kurikukulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas

..................2006. Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

M. Uzer Usman, dkk. 1993. Petunujk Guru IPA untuk Sekolah Dasar. Bandung:CV. Remaja Rosda Kary

Downloads

Published

2019-09-25

Issue

Section

Articles

Citation Check