Pengaruh Penggunaan Sarana Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar Pada SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar

Authors

  • Abdul Wahid STKIP ANDI MATAPPA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.575

Keywords:

Efektivitas, sarana pendidikan dan proses belajar mengajar.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kondisi sarana pendidikan yang ada pada SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 2) Bagaimanakah penyelenggaraan proses belajar mengajar di SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 3) Bagaimanakah Efektifitas pemanfaatan sarana pendidikan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 4) Bagaimana perkembangan hasil didik pada SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1)  Untuk mengetahui kondisi sarana pendidikan yang ada pada SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 2) Untuk penyelenggaraan proses belajar mengajar di SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 3) Untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan sarana pendidikan yang dimiliki SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah tersebut; 4) Untuk mengetahui perkembangan hasil didik pada SD Inpres Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Mengajukan konsep pemecahan masalah jika diperlukan di lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe penelitian korelatif deskriptif, yaitu berupaya menggambarkan hasil korelasi antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sarana pendidikan bagi murid sekolah dasar yang ada sangat besar manfaatnya bagi murid jika digunakan dalam proses belajar-mengajar. 2) Alat peraga dan alat bantu belajar lainnya masih perlu ditambah jumlahnya. 3) Walaupun jumlah dan kualitas sarana penididikan yang ada tersebut belum memadai, tetapi mampu digunakan secara efektif oleh guru-guru dalam proses belajar-mengajar di sekolah tersebut. 4) Sarana pendidikan berupa perpustakaan sekolah, belum dimanfaatkan secara maksimal.

 

Author Biography

Abdul Wahid, STKIP ANDI MATAPPA

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

References

Ali, Muhammad. 2005. Penelitian Kependidikan. Prosedur dan Strategi. Bandung: Aksara.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ditjen Dikdasmen Depdikbud. Petunjuk Administrasi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Handayaningrat, Soewarno. 2005. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta: PT. Gunung Agung.

Manulang, M., 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Martono, E. 1997. Etika Komunikasi Kantor. Jakarta: Karya Agung.

Moekijat. 1999. Tatalaksana Kantor (Manajemen Perkantoran), Bandung: CV. Mandar Maju.

Moekijat, 1997. Administrasi Perkantoran. Bandung: CV. Mandar Maju.

Moenir. A. S., 2002. Tatalaksana (Manajemen) Perkantoran dan Penerapannya. Jakarta: Pradya Paramita.

Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Sarwoto. 2001. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siagian, Sondang P. 2004. Filsafat Administrasi. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Soesanto, Slamet. 2005. Administrasi Kantor, Manajemen dan Aplikasi, Jakarta: Djambatan.

Sudjana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sugioyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugioyono. 1997. Statistika Untuk Peneliti. Bandung: Alfabeta.

Suryo, Subroto B. 2008. Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksa.

Sutisna, Oteng. 2003. Administrasi Pendidikan (Dasar Teori untuk Praktek Profesional. Jakarta : Sinar Bandung.

Wahyosumidjo. 2004. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang republic Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles

Citation Check